[Album Reviews] Girls' Generation - 'Mr.Mr.'

Girls-Generation_1393454593_snsdbreak

 

Girls' Generation - 'Mr.Mr.'
TRACK LIST
01. Mr. Mr.
02. Goodbye
03. 유로파 (Europa)
04. Wait A Minute
05. 백허그 (Back Hug)
06. Soul


catatan dari editor : Jika biasanya kami hanya meminta pendapat
dari 1 pengamat, untuk kali ini kami menggunakan 2 pengamat yaitu
Joora dan Eric.

 

1. JOORA :

"Mr.Mr" adalah sebuah album yang berbeda, dimana pada album ini
yang ditonjolkan adalah kekuatan suara dari tiap-tiap personil. Tiap
lagunya berisikan harmonisasi suara yang sukar untuk ditemui dalam
girl group kebanyakan, mungkin karena Girls' Generation adalah
paduan vokal yang kuat yang tercipta dari 9.

Keharmonisasian ini bisa didengar pada lagu terakhir mereka "Soul",
sebuah lagu dance pop dengan irama gitar string yang kuat, yang
dimana suara vokal mereka lebih terdengar 'garang' bila
dibandingkan dengan lagu 'Mr.Mr'. 'Mr.Mr' juga merupakan lagu
dance yang sangat nyaman untuk di telinga namun suara mereka
(GG) 'tenggelam' jika dibandingkan suara musiknya yang sangat
kental. Namun mereka tetap mampu mempresentasikannya dengan
baik hingga akhir. Bukan hanya untuk 1 lagu, namun untuk
keseluruhan lagu yang ada, dan ini sangat luar biasa.

"Goodbye" and " Wait a minute" adalah lagu akustik yang mereka
nyanyikan dengan gaya berbeda dengan lagu dance. Suaranya
terdengar lebih 'mentah' dan nyata, karena tidak ditutupi oleh
kentalnya ketukan nada-nada dance."Goodbye" adalah lagu yang
tepat untuk menggambarkan ini, dan jika harus memilhpun saya
akan mengunggulkan lagu ini. Suara mereka terdengar lebih bersih
jika dibandingkan lagu yang lainnya, dan kita juga bisa
mendengarkan suara terbaik mereka di lagu "Back hug", namun
untuk ranges suara mereka tidak jauh berbeda dengan lagu yang
lainnya "Soul", "Goodbye", atau bahkan "Mr.Mr".

Secara keseluruhan album ini tidaklah mengecewakan, dan saya
yakin para fans juga senang karena pujaan mereka akhirnya beraksi
kembali. Saya juga sangat menantikan kembalinya mereka, apa lagi
yang akan mereka persembahkan untuk industri musik ini setelah
mereka memenagkan YTMA di 2013. Meskipun secara personal saya
bukanlah penggemar sejati Girls' Generation, namun mini album kali
ini benar-benar layak untuk didengarkan dengan menonjolkan
kekuatan vokal masing-masing personil.

Produksi :8
Konsep : 8
Tracklisting : 8

 

2. ERIC-R-WIRSING :

Girl's Generation, (aka So Nyeo Shi Dae, SNSD, Soshi) adalah girl group dengan 9 orang personil yang bisa dibilang sebagai grup yang paling terkenal di dunia K-pop saat ini. Debut pada tahun 2007 namun namanya melejit pada tahun 2009 lewat lagu 'Gee', dan sejak itu terus merajai diberbagai macam tangga lagu. Dan fans mereka tercatat sebagai fans yang sangat loyal/ fanatik jika dibandingkan dengan fanbase grup yang lain di semesta ini.

2014, mereka mengeluarkan mini album ke-4 mereka tanpa didahuli oleh video musik yang terjadi kesalahan teknis pada saat proses editingnya. Akankah album kali ini bisa menyamai kesuksesan album-album sebelumnya.

"Mr.Mr" single andalan mereka yang menyuguhkan sedikit 'penyiksaan' di awal baitnya, yang dimana aku sangat menikmatinya. Jangan perdengarkan aku irama retro -- perdengarkan aku sesuatu yang lebih menarik, sesuatu yang belum pernah aku dengar sebelumnya. pada lagu "Mr.Mr" terdapat energi yang kuat meskipun endingnya terkesan terburu-buru. Enak dan tegas akan pernyataannya yang diutarakan sang penyanyi terhadap oppa'nya bahwa ia sangatlah spesial untuknya. Dari awal peluncurannya album ini sudah banyak menarik perhatian, tidak heran jika mereka dinobatkan sebagai pemenang YTMA 2013 lalu.

Lagu ke-2 "Goodbye" benar-benar mengecewakan. Sangat kurang matang. Melodinya terlalu sederhana seakan-akan itu adalah musik setengah matang, meskipun ada perbedaan di saat chorus, namun tetap saja masih terasa ada yang 'kosong'. Liriknya sangat bagus, jika diibaratkan 'ini adalah sisi pemalu yang suka dituliskan pada buku diari" membuat lagu ini menjadi luar biasa dari segi liriknya.

"Europa" mengingatkan saya pada jenis musik yang sempat terkenal di Amerika sekitaran tahun 1985-1989 yang sempat di populerkan oleh Swing Out Sister, namun lagi-lagi lagu ini terdengar kekurangan sesuatu yang menarik. Apa mungkin dengan memasukkan irama retro akan membuatnya terdengar lebih menarik dan tidak terkesan menjiplak atau bagaimana, saya masih tidak bisa memahaminya. F(x) membawakan jenis musik ini jauh lebih baik dalam lagu "Signal" (ya saya tau jika Krystal dan Jessica adalah kakak-beradik). Saya lebih memilih jika Europa dibawakan oleh si bulan, Luna.

Lanjut ke lagu ke-4 "Wait a Minute," terus mengalami penurunan layaknya spiral. Diawal agu terdengar sangat datar dan biasa, masuk ke vokal utama, terdengar seperti Lee Hyori yang musiknya tidak pernah saya pahami dan refrain yang sedikit menarik perhatian dan "sesaat" juga membuat refrain ini terdengar tidak merata/tidak terdengar mulus. Si tokoh utama pada lagu ini hanya menginginkan si pria hanya fokus kepadanya --ini sangat bahaya jika anda sedang berkendaraan ;p

Back Hug (n.)
1. Pelukkan dari arah belakang yang sering di jumpai di K-drama
2. Salah satu lagu ballad GG yang sangat manis yang mampu mebuat kita mengidap penyakit Diabetes tipe II

ke-5 "Back Hug" yang sangat 'bukan saya'sekali. Terlalu manis dan sangat kurang dalam penggarapannya, "Back Hug" tidak bisa mencerminkan perasaan yang 'hangat dan penuh gairah' saat aku mendapatkannya.

Dan lagu terakhir mereka "SOUL". Akhirnya, energi tersebut dimunculkan kembali. Mereka sangat bertenaga sekali, penuh denga semangat dan bergairah. Ketimbang jenis musik yang mendayu-dayu, lugu dan imut, inilah yang aku tunggu-tunggu tiap kali aku mendengarkan k-pop, aku mau mendengar sesuatu yang tegas, dan sedikt nakal. Dari semuanya, saya rasa lagu inilah yang medekati kriteria yang saya sukai, dan lagunya diakhiri dengan nada-nada yang sangat enak.

Sangat menarik. Mereka mengedapankan paduan suara mereka namun sayangnya tidak semuanya berjalan baik. Ketika ada nada tinggi yang mengharuskan mereka semua bernyanyi di 1 oktaf lebih tinggi, malah membuat sakit telinga. Dilihat dari jumlahnya dan performanya tampak jelas sekali bahwa ini bukanlah mereka. Seperti pemaksaan yang dilakukan oleh SM Entertainment untuk mengeluarkan konsep baru, untuk album yang baru. Ini benar-benar membawaku ke J-pop girl groups, yang rata-rata lagunya sama dan hambar, bisa dikatakan antara lagu yang satu dengan yang lain tidak jauh berbeda. Masker oksigen yang ada pada kofer album mereka, mengindikasikan bahwa lagu ini benar-benar membutuhkan defibrillator(alat pacu jantung).

Saya sadar pendapat yang saya utarakan untuk album ini sedikit negatif dan to the poin. Saya paham jika ada yang bisa mengerti dan tidak. Yang harus kalian ingat, semua orang memiliki jenis musik kesukaan yang berbeda-beda dan perbedaan itulah yang membuat kita semua untuk menunjukkan siapa jati diri kita sesungguhnya.

Produksi: 7
Konsep : 6
Tracklisting: 8

Sumber : allkpop
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Poskan Komentar