Klarifikasi Mengenai Taeyeon Yang Batal Tampil Dengan Wiz Khalifa di MAMA 2016


Annyeong SONE ^^
Note : Mohon dibaca dengan seksama dan selesai
Pagi ini kita dikejutkan dengan kabar yang kurang mengenakkan setelah perhelatan ajang penghargaan MAMA yang berlangsung tadi malam di Hongkong. Ada banyak hal yang terjadi salah satunya pembatalan pertunjukkan kolaborasi antara Taeyeon dengan Rapper Wiz Khalifah. Kita sendiri sudah melihat bagaimana Taeyeon dan Wiz melakukan latihan untuk membawakan lagu ‘See You Again’ dan sangat mengantisipasi penampilan tersebut.
Ijinkan mimin disini untuk mengklarifikasi beberapa hal meski pernyataan langsung sudah disampaikan sendiri oleh Taeyeon melalui updatean Instagram storynya. Sebagai penggemar ada rasa tergerak untuk mengungkapkan melalui sebuah tulisan meski pada kenyataannya nasi sudah menjadi bubur akan tetapi, jika ingin membuat bubur itu nyaman untuk dimakan maka kita harus mengubahnya menjadi bubur ayam bukan menunggu atau membiarkan bubur tersebut busuk/basi. Kalimat diatas hanya kiasan untuk penggambaran situasi yang terjadi, baiklah mimin akan memulai tulisan ini langsung mengarah pada intinya.

Pembatalan penampilan ini membuat Wiz memposting sebuah tweet yang cukup kontroversial karena menyebabkan Taeyeon banyak disalahkan dalam hal ini. Kita pasti tahu bahwa ini adalah salah satu penampilan yang paling diantisipasi di MAMA 2016, namun mereka yang menonton menyadari bahwa penampilan tersebut tidak pernah terjadi, meskipun video latihan tersebar di internet yang menunjukkan keduanya sedang menyanyikan lagu "See You Again”. Banyak penggemar yang menyatakan kekecewaan pada kolaborasi yang gagal tersebut, dan akhirnya Wiz Khalifa langsung menulis pada akun Twitter-nya, "Faktanya Taeyeon mengundurkan diri dari penampilan kami membuatku lelah. Tapi tidak pernah menganggap penolakan sebagai sebuah kegagalan". 
“Faktanya Taeyeon mengundurkan diri” menyebabkan Taeyeon sangat disalahkan dalam hal ini karena ia di anggap tidak mau, mimin sangat menyayangkan pernyataan tersebut karena penolakan Taeyeon bisa saja hasil dari berbagai hal yakni keputusan eksekutif (pihak MAMA), pengaturan waktu, pernyataan seseorang atau sesuatu hal dan lain-lain bahkan jika keputusannya berasal dari eksekutif, tentu saja itu akan menjadi "Taeyeon tidak tampil". Karena tidak diketahui apa yang menyebabkan ini terjadi dengan terang-terangan Wiz menyatakan "Taeyeon menolak" penampilannya, hal ini pada akhirnya menghasilkan keputusan bahwa Taeyeon TIDAK MAU TAMPIL.  Alangkah bijaknya jika jangan mengatakan seperti itu sampai kalian yakin bahwa itu benar-benar terjadi. Jika kalian sungguh ingin mengatakan sesuatu, mengapa tidak tulis dengan kalimat “menantikan penampilan dengan Taeyeon, tapi sangat disayangkan ada hal-hal yang tidak berjalan dengan baik, berharap akan ada kesempatan kedepannya untuk menampilkan kolaborasi yang luar biasa”, contoh ini akan terlihat lebih professional dan sopan. Iya mimin paham bahwa budaya Hollywood/barat sangat berbeda dengan budaya music korea selatan namun akan sangat tidak etis jika salah 1 pihak dirugikan dari pernyataan tersebut. 
Mimin tidak pernah ragu tentang Profesionalisme seorang Kim Taeyeon, dalam wawancara yang baru-baru ini dilakukan olehnya bersama MyDaily bahwa ia sangat ingin menyampaikan sebuah lagu dari lubuk hatinya, “Aku begitu merasa bahwa semua perasaankanku tersampaikan ketika aku menyanyi dengan tulus” dan “Pekerjaanku adalah menunjukkan lagu yang sesuai dengan mood, dan perlahan menarik seseorang saat itu”. Lalu bagaimana dia bisa bernyanyi dengan baik jika semuanya belum di persiapkan??, Taeyeon dalam Instagram story “Untuk melakukan penampilan secara live kita membutuhkan MR bukan hanya AR, tapi itu semua belum dipersiapkan. Rasanya aneh karena tidak ada MR tetapi mereka menginginkan aku menyanyikan live, tetapi aku ingin melakukan penampilan ini karena kolaborasi ini akan sangat berarti... tidak ada kesempatan seperti ini setiap hari ^^ jadi aku berpikir jika aku menyanyikan lebih lantang dari AR-nya maka masalahnya akan terselesaikan hehehe semuanya ingin melakukan penampilan yang terbaik... jadi kami ingin melanjutkannya, tetapi beberapa jam kemudian, itu dibatalkan. Hal-hal tersebut terjadi dan karena kami tampil di luar negeri terkadang ada masalah-masalah yang tidak terduga”. Apalagi lagu yang Taeyeon bawakan bersama Wiz ini memiliki makna yang luar biasa mendalam karena bagi Taeyeon, menyanyi dengan setulus hati bisa membuat lagu tersebut sampai pada para pendengar/penonton.
Bagi kalian masih ada yang belum paham mengenai AR dan MR, berikut adalah penjelasan singkat dari mimin. Perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara MR (Music Recorded) dan AR (All Recorded). MR hanya mencakup instrumental sedangkan AR mencakup vocal dan Instrumental tapi kebutuhan pra rekaman audio adalah sama untuk keduanya. Pada dasarnya, Taeyeon ingin menyanyikan lagu yang terdengar bagus tapi kondisi dilapangan hanya akan terdengar jelas untuk penonton yang menyaksikan secara langsung lalu bagaimana dengan orang-orang yang menonton melalui layar kaca? Tentu saja akan ada kemungkinan terburuk dengan tidak mendengar secara jelas, seperti yang di jelaskan oleh Taeyeon, pihak MAMA menginginkan ia bernyanyi secara live namun semuanya belum dipersiapkan meski pada kenyataannya dari screeshoot dibawah ini sudah ada MRnya akan tetapi kenapa MAMA memberikan Taeyeon AR? Karena MR yang tertera pada screenshoot tersebut belum selesai sehingga Taeyeon hanya di beri AR. 
Jika Taeyeon hanya di berikan AR mengingat AR di gunakan saat keterbatasan acara, kenapa MAMA menginginkan Taeyeon bernyanyi secara live kemudian saat akan tampil di batalkan? Menurut mimin, jika penampilan ini di teruskan mengingat yang bisa digunakan hanya AR lalu Taeyeon di inginkan bernyanyi secara live, kemungkinan nantinya penampilan ini akan dinilai buruk, jika perkiraan tersebut benar maka keputusan yang tepat adalah untuk tidak menampilkan kolaborasi secara kesuluruhan dan yang tampil hanya Wiz saja. Akan ada banyak artikel yang tidak terduga dirilis karena kualitas audio yang rusak parah atau MAMA akan dikritik karena kurang perhatian terhadap penyanyi internasional, karena ini diselenggarakan diluar korea maka bersiaplah untuk hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tentu perasaan kecewa para penggemar akan timbul mengingat ini salah satu kolaborasi yang sangat epic.
Dalam hal ini, pihak Mnet juga belum memberikan klarifikasi mengenai masalah yang terjadi membuat ‘kobaran api’ menjalar kemana-mana, mimin rasa ada kesalahpaham dari pihak Wiz terhadap Taeyeon dan dia menjadi korban namun untungnya Taeyeon cukup sigap menanggapi kesalahpahaman yang terjadi sehingga sedikit tidaknya kita diberi pencerahan seperti apa yang sebenarnya terjadi. Semoga kedepannya, komunikasi terhadap masing-masing pihak lebih ditingkatkan lagi karena ini akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan acara namun bukan MAMA namanya jika tidak menghasilkan sebuat kontroversi didalamnya. Sekian penjelasan yang bisa dikatakan singkat dari mimin, 

salam damai dari Mimin untuk semua SONE Indonesia ^^v
Editor : Butterfly Kiss and Mas Bro 
SONE Indonesia News 


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment