Perbedaan Antara Perhitungan Album di Hanteo Dan Gaon.


Pertama, kedua sistem sama-sama penting karena keduanya merekam dan mencerminkan keberhasilan setiap perilisan album artis yang ketat di Korea Selatan.


Agar lebih mudah, ingatlah kalau Hanteo mengukur penjualan album secara real-time alias jumlah album yang terjual dalam waktu jam/ minggu/ bulan, sedangkan Gaon mengukur total pengiriman album yang didistribusikan oleh label rekaman dan distributor resmi.


Sistem Informasi Hanteo vs Gaon

Hanteo
  • Menghitung penjualan real-time dari toko album yang telah dipilih dan bersertifikat di Korea Selatan.
  • Angka dari Hanteo digunakan dalam sistem point "Penjualan Fisik" untuk acara musik mingguan (Inkigayo, Music Bank, M-Countdown, The Show dan Music Champion)
  • Diakses dari http://hanteo.com (Untuk data yang lebih lengkap, dibutuhkan Social Security Number (Khusus orang Korea) dan berbayar, harus daftar terlebih dahulu).
Gaon
  • Menghitung total pengiriman album yang didistribusikan oleh label rekaman dan distributor. (SM Entertaiment, YG Entertaiment, Sony Music Label etc.)
  • Angka dari Gaon digunakan untuk acara penghargaan akhir tahun (Golden Disk Award, High1 Seoul Music Award, etc.)
  • Diakses dari http://gaonchart.co.kr (tidak perlu mendaftar, penjualan bulanan diupdate setiap hari kamis minggu kedua per bulannya).


Pertanyaan yang sering ditanyakan.

Sistem mana yang lebih penting?
"Kita harus tetap mengikuti keduanya, angka yang paling tinggi di Hanteo maka yang paling tinggi juga di Gaon, begitupun sebaliknya. Perusahaan bersedia untuk memproduksi lebih banyak album dan 'mengirimkannya' [Gaon] ke toko album kalau penjualan real-time dari Hanteo menunjukkan penjualan yang sangat bagus."

Kenapa terkadang ada perbedaan besar dalam penjualan album antara Gaon dan Hanteo?
"Ketika kita melihat perbedaaan yang besar antara penjualan Hanteo dan Gaon, biasanya berarti bahwa perusahaan memproduksi lebih banyak album untuk menjaga permintaan kedepannya. Tapi tidak berarti semuanya terjual. Itulah kenapa, kadang-kadang, kita melihat angka penjualan Gaon menurun karena album dikembalikan ke perusahaan."

Seberapa besar yang sebenarnya Hanteo catat dari toko album ritel mereka di Seluruh Korea Selatan, dan bagaimana mereka menghitungnya?
"Hanteo mencatat perkiraan 85% dari toko-toko ritel mereka di Korea Selatan. Datanya tidak disusun secara manual tapi secara otomatis diperbarui dan dihitung oleh server online. Selalu ada error antara angka penjualan album sebenarnya dan angkat yang tercantum di Hanteo."

Biasanya album dari fansign diperhitungkan dimana?
"Karena album untuk fansign dibeli dari ritel seperti Synnara dan Hottracks, mereka tercatat di Hanteo. Karena itu, fansign mendorong pembelian album dan hal ini membantu untuk mendapatkan keuntungan "Skor Penjualan Fisik" artis dalam acara musik mingguan secara besar-besaran."


Credits:
Source: https://worthyourwon.wordpress.com/2016/03/11/lesson-101-gaon-vs-hanteo-what-are-the-differences/
Indo Trans by taebangs @ SONE Indonesia Fanpage

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment