Tangga Lagu Korea Tak Akan Lagi Dukung Perilisan Lagu di Tengah Malam


Perubahan baru di tangga lagu Korea akan berpengaruh pada perilisan lagu yang biasanya terjadi di tengah malam.

Pada 15 Februari, berdasarkan keterangan beberapa orang di industri musik, situs-situs musik besar Korea seperti MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 akan melakukan reformasi terhadap bagaimana tangga lagu mereka bekerja. Dikatakan bahwa lagu yang dirilis pada tengah malam, tidak akan memasuki tangga lagu sampai keesokan siangnya pada pukul 13:00.

Hanya lagu yang dirilis pada rentan waktu pukul 12:00 sampai 18:00 yang akan langsung memasuki tangga lagu real-time charts. Lagu yang dirilis diluar rentan waktu tersebut akan memasuki tangga lagu tersebut keesokan siangnya. Ini berlaku baik di hari kerja maupun akhir pekan.


Tengah malam merupakan target bagi banyak artis untuk merilis lagu mereka. Karena waktu yang sudah larut, tidak banyak pengguna yang sedang online, maka saat penggemar artis tersebut berkumpul untuk menunggu waktu perilisan, cukup mudah bagi artis tersebut untuk menempati peringkat 1 di tangga lagu tersebut, meraih "all-kill", bahkan lagu-lagu lain artis tersebut dengan mudah menguasai beberapa peringkat di tangga lagu tersebut.

Isu mengenai perilisan lagu di tengah malam ini sudah cukup sering diangkat di dalam industri musik itu sendiri. Dengan perubahan baru ini, diharapkan situs-situs musik Korea dapat menjaga peringkat yang adil dan mencegah terjadinya perubahan mendadak dalam tangga lagu, dan juga mencegah terjadinya "sajaegi" (saat perusahaan/agensi artis bersangkutan membeli album artis mereka agar dapat mendapatkan peringkat atas).

Saat seorang artis mengambil alih posisi puncak pada perilisan tengah malam, efek yang ditimbulkan juga berpengaruh pada tangga lagu di keesokan paginya, sehingga menyebabkan terhambatnya kompetisi yang sehat. Faktanya, apabila terjadi masalah teknis situs tak dapat langsung ditangani. Hal tersebut menjadi salah satu isu perilisan di tengah malam.

Walaupun Kementrian Kebudayaan telah mendorong berbagai langkah untuk menjaga agar industri musik tetap sehat seperti perbaikan sistem tangga lagu real-time charts dan menghapus rekomendasi lagu di dalam tangga lagu tersebut, semuanya langkah tersebut tak membuahkan hasil.

Sebuah sumber dari industri musik menyatakan bahwa, "Kami harap semua lini dapat berpartisipasi dalam gerakan ini demi industri yang lebih sehat. Kami telah melewati masa dimana perilisan tengah malam pernah ditiadakan, namun hal tersebut lagi-lagi kembali terjadi. Kami membutuhkan solusi yang lebih rasional."

Jika tak ada kendala, perubahan tersebut akan diterapkan pada akhir bulan ini.

Sumber: Soompi
Diterjemahkan oleh taengo11 - soshindonesia.com


*Semua waktu yang digunakan dalam artikel ini adalah waktu lokal Korea
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment