Wawancara Sooyoung Bersama Sports DongA (Maret 2017)


Persahabatan 10 Tahun SNSD Bagi Sooyoung

Tanggal 5 Agustus 2007, di hari minggu pagi. Di dalam sebuah bus, 45 orang sedang menuju gedung SBS di Deungchon-dong, Seoul. 2 hari yang lalu, single debut 'Into The New World' telah dirilis dan itu adalah perjalanan panggung pertama mereka untuk SBS 'Inkigayo'. Didalam bus yang cukup tenang, para member tidak bisa melihat ke arah satu sama lain. Itu karna jika pandangan mereka bertemu, air mata akan menetes dari mata mereka. Untuk menghindari pandangan, mereka terus menerus melihat ke jendela, tapi mereka sama sekali tidak bisa melihat apapun. Pada saat itu, bagian luar bus telah tertutup oleh foto SNSD. Para member melihat kearah pemandangan yang tidak bisa mereka lihat sama sekali dan menahan air mata. SNSD menuju ke atas panggung pertama mereka. Para gadis kembali menahan air mata mereka dan saat menyelesaikan penampilan diatas panggung. Saat kembali ke ruang tunggu, para Member mulai menangis satu per satu. Para orang tua juga datang untuk mengucapkan selamat pada mereka di atas panggung pertama dan menangis bersama mereka. Air mata ini lebih hangat daripada air mata yang menetes tak terhitung selama mereka masih menjalani masa training, 3 setengah tahun jika itu dalam jangka pendek, dan 7 tahun jika itu dalam jangka panjang. Para gadis kembali ke dorm mereka dan menangis lagi. Sooyoung yang kami temui di jalan nomor 21 Cheongdam-dong, Seoul tepatnya di gedung SM Entertainment, saat mengingat peristiwa itu dan dia tersenyum, sambil mengatakan "Aku mengingat, saat melihat pemandangan keluar jendela dan terisak, benar-benar tidak melihat apapun. Itu adalah panggung yang kami datangi setelah latihan ‘tendangan kaki’ selama 1 tahun”. Tendangan kaki yang Sooyoung bicarakan adalah point dari koreografi dalam penampilan 'Into The New World".

Bahkan sekarang ketika kami sedang pergi ke luar negeri untuk konser, kami berkumpul di ruang yang sama untuk mengobrol. Sebagian besar anggota telah menghabiskan 1/3 dari kehidupan mereka bersama-sama.

"Rahasia 10 Tahun adalah Persahabatan, Kepedulian dan Rasa Hormat antara Member"
- Apa rahasia untuk menjaga sebuah tim selama 10 tahun?
"Ini adalah keintiman tingkat tinggi di para antara member. Ini bukan hubungan yang terhubung karena pekerjaan, tapi kami bertemu satu sama lain sebagai teman, jadi kami bisa bersama untuk waktu yang sangat lama. Tidak ada insiden member mengendalikan member lain karena mereka lebih tua atau sesuatu seperti itu. Kami tahu apa yang disukai dan apa yang tidak disukai, jadi kami menghormati satu sama lain, kami mempertimbangkan satu sama lain, dan kami mengakui satu sama lain dan kami jadi mampu melampaui sejauh ini”.

- Sekarang sudah 10 tahun, apakah kalian jadi jarang bertemu satu sama lain?
"Masih banyak cerita yang kami harus bagi satu sama lain. Ini adalah hal yang sangat indah karena kami telah bersama-sama selama 10 tahun. Sebagian besar member telah menghabiskan 1/3 dari kehidupan mereka bersama-sama. Aku telah menghabiskan 1/2 dari hidupku sejauh ini di agensi ku saat ini (SM Entertainment). Aku hampir tidak memiliki teman seusiaku selain dari member Kami dan berbicara satu sama lain tentang segala sesuatu, dari kekhawatiran satu sama lain, mengenai pekerjaan, mengenai keluarga. Persahabatan para member adalah seperti itu”.

- Kami dengar kamu meluangkan waktu untuk berbagi cerita tentang kehidupan sehari-hari selama awal debut.
"Waktu itu untuk sementara kami memiliki '5 Menit Berbicara'. Kami membuatnya untuk berbagi cerita setiap hari dengan para member dan hal ini wajib dilakukan. Seperti yang sudah kami rencanakan, kami berbicara tentang hal-hal yang membuat kami kecewa hari itu, hal-hal yang harus kami berhati-hati, dan hal apa saja yang harus kami kembangakan. (Setelah kami meninggalkan asrama) kami masing-masing memiliki ruang sendiri, dan karena kami menghabiskan waktu dengan keluarga, kami belum bisa untuk melanjutkan hal itu tapi kami melakukannya walau hanya sebentar. Namun sekarang, ketika kami pergi ke luar negeri untuk konser, kami berkumpul dalam satu ruangan dan berbagi cerita banyak dengan satu sama lain, seperti waktu itu (saat mereka melakukan 5 menit berbicara)”.

- Apakah kamu juga berbicara tentang kencan dan mendiskusikan pekerjaan (project individu)?
"Kami berbicara tentang hal-hal sepele seperti 'apa yang harus aku pakai untuk besok' untuk memberikan saran pada project selalu berkata 'jalan ke depan, lakukan lebih dari ini'. Sejak itu mendengarkan cerita para selebriti wanita yang berbeda dimana telah bersama-sama selama 10 tahun, sehingga memiliki dampak kepadaku dan memberikanku sebuah tantangan."

- Jika salah satu member melakukan sesuatu, apakah sudah menjadi tugas para member lain untuk pergi dan mendukung mereka?
"Lebih dari uang, hal yang paling penting bagi para member adalah waktu. Baru-baru ini, aku melakukan konser amal dan aku merasa tidak enak meminta para member untuk datang. Karena aku akan menggunakan waktu mereka yang berharga. Tapi Tiffany berkata 'Kamu tidak akan bertanya karena kamu merasa bersalah hanya untuk bertanya' dan dia membuat waktu untuk datang. Dan tampil denganku. Ketika ada member merilis album solo atau syuting sebuah drama, aku pergi untuk mendukung mereka. Satu sama lain, adalah hal yang terbesar dan hadiah yang paling berharga".

Setelah album ke-5 mereka "Lion Heart" dirilis pada bulan Agustus 2015, SNSD mempromosikan kegiatan individu. Terutama tahun ini, Yuri membintangi peran utamanya dalam drama melalui siaran publik SBS yakni drama 'Defendant'', dan Seohyun akan membintangi drama MBC untuk akhir pekan berjudul 'Thief, Mr. Thief' mulai bulan Mei. YoonA sedang bergembira karena kesuksesan box office nya dengan film korea pertamanya yang berjudul 'Confidential Assignment' yang diputarkan pada bulan Januari. Sooyoung memulai berakting di KBS 2TV sitkom 'Unstoppable Marriage' yang tayang pada bulan November 2007.

- Yuri dan Seohyun telah memulai langkah mereka sebagai aktris.
"Yuri berlajar secara ekstensif bagaimana menjadi seorang pengacara dalam drama 'Defendant'. Dia banyak khawatir tentang citranya sebagai SNSD akan tumpang tindih (dengan karakternya di drama tersebut). Tapi karena setiap episode berlanjut, ia mendalami karakter tersebut. Sebagai teman, aku pikir dia melakukannya dengan baik sehingga aku bangga. sensibilitas emosi Seohyun sangat baik. Dia selalu mengejutkanku. Aku bertanya-tanya apakah dia akan mampu melakukannya, dan dia melakukannya dengan baik. Dia seorang dongsaeng maknae yang akan melakukannya dengan baik jadi aku tidak perlu khawatir".

- Dalam sejarah 20 tahun girl group Korea, SNSD telah melewatinya selama 10 tahun. Ada rasa kebanggaan yang sangat besar.
"(Selama masa promosi group) Walaupun hanya 2 tahun yang lalu, aku tidak sepenuhnya memahami makna besar di balik semua yang aku lakukan sejauh ini. Aku tidak tahu bagaimana rasa sulit dan rasa bangga yang kami terima dalam Daesang sebagai girl group dan melakukan tur internasional. Kami terlalu sibuk bekerja keras untuk mempersiapkan tugas tepat di depan mata kami dan berdiri di atas panggung. Seperti yang kami lakukan dalam kegiatan individual, aku memahami bahwa pekerjaan yang aku lakukan sebagai SNSD adalah pekerjaan yang paling berharga yang bisa aku lakukan. Aku menerima banyak cinta melalui kemampuanku. Karena 8 dari kami bersama-sama, kami mampu mengendarai perahu SNSD”.

- Kalian pasti merasa lebih hampa daripada siapapun pada saat teman debut kalian Wonder Girls bubar.
"Selama aku menonton transformasi band Wonder Girls, aku sungguh menghormati mereka. Selama kami tampil selama 10 tahun, jika seseorang menyarankan pada kami untuk bertransformasi (merubah image) menjadi seperti itu dan untuk mencoba hal itu, apakah kami akan bisa melakukannya. Aku ingin tahu transformasi mereka jadi aku mencari dan membaca semua interview Wonder Girls”. Wonder Girls memiliki pengaruh yang bagus, dan kami (Wonder Girls+SNSD) ialah daya penggerak yang bagus untuk satu sama lain. Sebagai seorang penggemar, aku merasa kecewa (atas pembubaran mereka), tapi sebagai teman kerja mereka, aku masih tetap memberi mereka semangat. Selama aku masih bisa mendengarkan musik mereka."

- Kami mendengar album 10 tahun anniversary akan dirilis pada musim panas.
"(Tentang Album 10 tahun Anniversary) itu benar dan jelas akan dilakukan, dan sejak tahun lalu, semua member telah menunjukkan keinginan mereka. Itu adalah acara terbesar yang sangat dinantikan oleh semua member."

"Aku berharap SNSD akan diingat sebagai perwakilan dari Girl Grup, selamanya."
'Into The New World' sebagai lagu bagi kumpulan mahasiswa yang menangis (saat menyanyikan lagu itu) di kampus Ehwa Women tahun lalu. Selain itu juga terdengar (Lagu Into The New World) saat peristiwa penuntutan lentera lilin untuk menuntut tuduhan dari mantan presiden Park Geunhye. Kemudian diantara orang-orang pada usia 20 tahun yang berpartisipasi dalam budaya Kpop, SNSD menjadi sebuah bahasa. Sebuah bahasa dari hati yang membuatmu merasakan perasaan dari keharmonisan dalam sebuah lagu”.

- Apa makna 'Into The New World' bagi SNSD? 
"Bukankah itu adalah sebuah karya seni yang luar biasa diantara lagu-lagu debut girl grup yang lain? Haha. Itu inti dari kebanggaan bagi idola-idola untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat. Itu adalah hal yang menyenangkan untuk memiliki sebuah lagu yang bisa dinyanyikan bersama orang-orang dari generasi manapun”.

- TWICE telah dinamakan sebagai 'Girl Grup Kpop Yang Akan Meneruskan Warisan SNSD' oleh koran Yomiuri di Jepang.
"Aku bangga bahwa mereka dikenal sebagai 'penerus warisan SNSD'. Selama saat-saat kami, kapan saja rookie keluar (debut), mereka dinamakan 'BoA kedua'. Sekarang 'Soshi kedua' sudah mulai keluar."

- Bagaimana perasaanmu saat menonton girl grup hoobae (Junior) masa kini?

"Mereka sangat cantik, dan melakukannya dengan baik. Girl group saat era kami tidak menunjukkan emosi individual (per member). Itu karna kami harus selalu tersenyum). Tidak mungkin untuk merasa senang dan gembira setiap hari, tapi aku ingin memberi mereka pujian untuk selalu menjaga senyum mereka didepan umum”.

- Apa kekuatan dari keunikan yang cocok untuk SNSD? 
"Kami mencoba untuk meniru sifat-sifat positif satu sama lain. Jika satu orang bekerja keras, anggota yang lain juga akan melakukan hal yang sama. Siapa pun yang lebih diutamakan, kami akan akan memberi dan menerima pengaruh yang positif. Fakta bahwa kami menyapa orang lain dengan baik adalah pengaruh yang kuat juga. Lebih dari apa pun, kami tidak sukses pada percobaan pertama, jadi kami tidak pernah melupakan 'hungry mindset'. Kami tahu betapa berharganya sebuah popularitas".

 - Bagaimana yang kamu inginkan untuk SNSD yang diingat bagi orang-orang?
"Aku berharap kami akan selamanya menjadi perwakilan' dari girl group."

- Jika kamu diminta untuk memilih saat yang paling kritis dalam 10 tahun SNSD, pasti mengenai pengeluaran Jessica. Kami ingin tahu apakah insiden itu yang membuat SNSD lebih kuat. Seperti teka-teki, Sooyoung membacakan dialog terkenal dari drama populer.
"Aku menyukai setiap hari saat kami bersama-sama. Karena hari-hari itu adalah hari-hari yang baik, dan karena hari-hari itu adalah hari-hari yang buruk, dan karena hari-hari itu biasa saja…. "





Sumber : Sports Donga
Eng.trans : SonexStella
Indo.trans : Pinkpinkeu and White Deer
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment