Wawancara Sunny Bersama The Star March 2017 Issue


"White Day Episode" 

Seperti 'Alice in Wonderland', Sunny SNSD mulai bermimpi. Tahun ini sudah ulang tahun ke-10 Sunny SNSD sejak debut. Ini mungkin menjadi alasan mengapa kami merasakan ketenangan darinya, berbeda dari sebelumnya. Namun, Sunny masih cerah seperti matahari yang telah terbit, segar seperti bunga mekar di musim semi.

Q: Baru-baru ini, kamu kembali dari Jepang di mana kamu bermain dalam drama musikal . Bagaimana pertunjukannya?
Sunny: Saat aku pergi ke Tokyo pertama kalinya, aku disibukkan dengan menghafal dialog dan memastikan semua orang bekerja sama dengan baik. Tapi kali ini, mungkin karena kami menampilkan kembali bagian yang sama, dan kami berlatih lebih banyak, sehingga harus aku katakan ada sedikit lebih banyak waktu untuk bersantai.

Q: Kalau begitu pasti beban yang dirasakan lebih berkurang dari pertunjukan sebelumnya.
Sunny: Meskipun demikian, seperti yang diharapkan, aku pikir perasaan terbebani tidak bisa dihindari. Drama musikalnya 2 orang yang di bagi lagi, jadi rasanya sangat memberatkan.

Q: Apakah kamu bekerja dengan baik dengan lawan mainmu yakni Cho Insung's Sungje?
Sunny: Kami bekerja dengan baik bersama-sama. Saat kami pertama debut, kami mempunyai jadwal promosi yang hampir sama jadi kami bertemu disaat itu. Setelah itu, itu sudah cukup lama sejak kami saling melihat, tapi kami mampu untuk tampil bersama dengan nyaman.


Q: Apa aspek yang paling kamu khawatirkan ketika bermain dalam drama musikal?
Sunny: Tidak mendapatkan dialog yang salah. Ketika kamu mengatakan baris (kalimat), bahkan jika sebuah kata memiliki arti yang sama, jika Anda mengatakan kata yang berbeda, itu agak sulit bagi orang yang menerima dialog. Jadi aku cenderung paling hati-hati di sekitar aspek tersebut.

Q: Kami ingin tahu apakah ada area yang kamu ingin terus coba, di luar drama musikal.
Sunny: Nah, ayo lihat. Akhir-akhir ini, aku mencoba untuk fokus pada pengembangan diri.

Q: Apa yang sedang kamu kerjakan mengalami peningkatan?
Sunny: Hari-hari ini, aku banyak bermain game (tertawa). (Editor menanyakan apakah itu pengembangan diri) aku ingin debut sebagai gamer yang profesional (tertawa). Aku sedang berpikir untuk benar-benar memulai karir.

Q: Apakah kamu memiliki keserakahan ingin merilis album solo?
Sunny: Baik. aku ingin memiliki keserakahan dan menunjukkan sesuatu ketika aku memiliki inspirasi yang jelas, dipenuhi dengan dorongan dan pikiran 'Ah, aku ingin menunjukkan gaya panggung'. Tapi sekarang, menemukan bahwa agak sulit. Aku tidak yakin apa yang cocok untuk aku benar-benar baik, jadi aku ingin mencobanya setelah aku bekerja lebih banyak lagi.

Q: Sudah 10 tahun sejak debutnya. Ketika kamu merenungkan kembali, apa yang paling berkesan?
Sunny: Konser pertama tetap yang paling berkesan dalam ingatanku. Itu adalah pertama kalinya ketika kursi dari tempat kami tampil semua penuh dengan orang-orang yang datang untuk melihat kami. Aku tidak bisa melupakan betapa luar biasanya, harus aku katakan itu mengharukan, Perasaan yang kemudian melemahkan kami.


Q: Bahkan tindakan sederhana, kita selalu bisa merasakan kedekatan antara anggota. Apa artinya keberadaan para anggota bagi Sunny?
Sunny: Ini agak sulit untuk mengatakan apa artinya keberadaan mereka. Aku tidak berpikir ada kata yang bisa mengungkapkan hubungan kami. Hanya keluarga, saudara dan juga teman? Kami tumbuh bersama, dan kami telah berbagi banyak hal sehingga sangat istimewa. Ini adalah hubungan yang tidak mampu dideskripsikan.


Q: Kamu pasti benar-benar dekat dengan mereka semua, tapi ada anggota yang paling cocok denganmu?
Sunny: YoonA? aku juga cocok dengan Hyoyeon, yang tinggal bersamaku. Hari-hari ini, aku pikir aku cocok jugadengan Yuri. Tapi sungguh, ketika kami bersama-sama, atau terpisah, kami semua sangat cocok. Tergantung pada situasi, masing-masing dan setiap dari kami memiliki chemistry yang baik dengan satu sama lain.


Q: Kamu memiliki pagar pelindung yang disebut SNSD, tetapi meskipun begitu, apakah ada kesulitan dengan kehidupan selebriti?
Sunny: Sampai saat ini, semuanya telah sulit. Dan saat ini, aku tidak bisa memberikan alasan dari yang kecil, atau tidak tahu dengan baik. Aku pikir aspek-aspek yang sulit, mendapatkan kesulitan.. Bahkan jika aku memiliki satu jadwal, aku merasa ada rasa tanggung jawab.


Q: Kita tidak bisa percaya tapi tahun ini adalah tahun terakhir di usia 20-an. Bagaimana rasanya?
Sunny: (Tertawa keras sambil bertepuk) Apa yang harus aku lakukan! Pertama-tama, aku tidak yakin. Orang di sekitarkusering menasihatiku bahwa ketika jumlah depan berubah menjadi 3, banyak hal yang akan berubah. Mereka mengatakan kondisiku adalah hal pertama yang akan banyak mengalami perubahan. Tapi karena aku masih 2 (berada di usia 20an), aku ingin menghabiskan seperti aku dalam usia 20-an sebanyak yang aku bisa. Tapi seperti yang diharapkan, karena aku 29, aku merasa ada banyak tanggung jawab. Aku berhati-hati dalam setiap tindakanku. Aku tidak berpikir aku bisa lincah tanpa henti seperti aku yang dulu sebelumnya.


Q: 6 anggota berada di usia 29 tahun. Apakah ada rencana untuk album?
Sunny: Iya nih. Ada. Selalu ada. Kamu akan bisa melihat kami (SNSD) dalam tahun ini. 


Q: Berpikir ke depan, apakah ada sesuatu yang ingin kamu tampilkan sebagai SNSD di usia 30-an?
Sunny: Kkyah! SNSD di usia kami yang 30an tahun. Ada banyak anggota jadi aku pikir sulit untuk menunjukkan ballad di atas panggung. Untuk balada, lirik perlu dikomunikasikan dengan baik, tetapi ketika ada banyak anggota, banyak bagian yang dibagi, dan orang menganggap bahwa ballad tidak cocok. Tapi meskipun begitu, aku ingin menunjukkan ballad.

Q: 2NE1 dan Wonder Girls, yang dulu bersama dengan anda melakukan promosi, baru-baru ini dibubarkan. Bagaimana rasanya?
Sunny: sedikit kesepian. Terutama dengan Wonder Girls, promosi kami tumpang tindih akhir tahun lalu dan kami bisa jauh lebih dekat sejak saat itu. Kami akan berbagi keprihatinan kami sebagai kelompok gadis dan informasi kontak bersama, jadi sangat kesepian dan disesalkan. Ada saat-saat sulit, tetapi ketika kami melihat mereka berada di peringkat pertama di atas panggung, mereka sangat keren dan kami menyukainya. Kami mengagumi mereka juga. Karena semua anggota memiliki gairah terhadap musik, aku bertanya-tanya apa sisi baru dari diri mereka sendiri yang akan di tunjukkan secara individual dan aku mengantisipasi itu.

Q: Kamu pasti merasa ada tanggung jawab sebagai kelompok gadis yang bertahan lama
Sunny: Aku merasakannya. Ah, aku merasakan itu. (Tertawa) Jujur, itu memberatkan tapi karena ada banyak kelompok yang lebih lama bertahan dari kami, aku akan melemparkan rasa tanggung jawab itu kepada mereka! (Tertawa)

Q: Selain bekerja, apa yang paling kamu minati akhir-akhir ini?
Sunny: Sogeum, kucing yang aku besarkan, dia benar-benar seperti bayangan ibunya. Jadi dia di sisiku sehari 24 jam. Ketika aku tidur, dia mencoba untuk tidur di sebelahku, ketika aku makan, dia menatap sambil duduk di sampingku, dan bahkan ketika aku pergi ke kamar mandi, dia mengeong di depan pintu kamar mandi, meminta untuk membuka pintu.

Q: Sepertinya dia menerima penghargaan dari kontes kucing baru-baru ini?
Sunny: Ya itu betul. Sogeumie menerima banyak penghargaan di kontes kucing. Aku ingin memiliki pengalaman yang baik Sogeum maupun aku pernah melakukan itu sebelumnya. Aku dekat dengan peternak yang menjual kucingku dan orang yang direkomendasikan. Mereka mengatakan ketika kami menerima penghargaan, aku akan merasa sangat bangga. Jadi itu sebabnya aku pergi, dan hasilnya bagus dan aku sangat bangga.

Q: Ketika kami melihat Instagrammu, kamu seperti karakter dari "The Simpsons" dan gaming. Kami punya perasaan kamu gadis nakal (jail)
Sunny: Aku tidak berpikir Aku benar-benar sudah matang (dewasa). Aku pikir aku dalam kesulitan karena aku masih belum matang. Aku lebih baik segera menjadi lebih matang.

Q: Itu mungkin mengapa, tetapi saat kami melihat Sunny, kami selalu bisa merasakan energi yang cerah. Apakah kekuatan pendorong energi itu?
Sunny: Saat aku mengatakan kata-kata seperti ini, banyak orang tidak percaya padaku, tapi aku malu di sekitar orang yang tidak aku kenal. Sejujurnya, aku sangat pemalu di sekitar orang yang tidak aku kenal, jadi sulit untuk menjadi dekat. Tapi ketika aku dekat, aku akan sangat dekat. Aku pikir itu kekuatan pendorongku. Jika aku berada disekitar orang yang dekat denganku, aku mendapatkan energi dan menjadi sering bercanda. Tetapi jika tidak ada satu orang yang dekat denganku, semangatku menjadi rendah.

Q: Apa sumber energi terbesar Sunny?
Sunny: Sogeumie. Dia sekarang berusia 3 tahun.

Q: Sunny itu selalu cerah dan optimis, tetapi pasti ada saat-saat kamu merasa sedih.
Sunny: Seperti yang aku katakan sebelumnya, aku malu jadi saat ada banyak orang yang tidak aku kenal, suasana hatiku menjadi turun dan lelah. Terkadang ada kesalahpahaman padaku dan orang-orang berpikir terjadi sesuatu seperti aku sedang marah, atau terjadi sesuatu yang membuatku berada pada suasana hati yang buruk. Jadi aku berusaha keras untuk memperbaikinya tapi tidak mudah untuk memperbaiki kepribadian yang secara alami pemalu di sekitar orang-orang baru.

Q: topik editorial hari ini adalah 'White Day'. Jika kamu punya pacar, apa yang sekarang ingin kamu terima di White Day?
Sunny: Aku ingin menerima sesuatu yang secara pribadi dibuat dengan tangan. Aku bahkan suka sesuatu yang kecil. Kertas crane, surat yang ditulis, aku bahkan suka hal-hal seperti pernak-pernik buatan tangan, jadi aku ingin menerima hadiah yang berhubungan dengan hati.

Q: Ketika kamu berkencan, kamu cenderung untuk mengingat dan merayakan tanggal penting?
Sunny: Tidak, aku tidak berpikir aku tipe yang menempatkan banyak makna dalam tanggal penting atau khawatir tentang hal itu.

Q: Orang seperti apa type ideal Sunny?
Sunny: Sejujurnya, aku bahkan belum tahu apa tipe idealku. Aku sebelumnya telah bertanya pada anggota dan mereka mengatakan "Aku juga tidak tahu tipe idealmu". Jadi sejak sebelum debut, saat aku sudah ditanya tentang tipe ideal, aku selalu menanggapi "pria baik". Aku berpikir bahwa hanya menjelaskan semuanya. Aku ingin seorang pria yang baik dan jujur.

Q: Kami syuting untuk editorial hari ini dengan tema 'White Day Episode'. Apa mimpi manis yang Sunny impikan ke depan?
Sunny: Aku berharap, aku tidak tua, dan terus kreatif serta berusaha melakukan hal-hal baru. Aku rasa ada banyak hal yang aku takutkan belakangan ini. Aku rasa, aku tidak memiliki rasa takut, dan berharap tidak takut jika tiba untuk mencoba hal-hal baru. Jadi aku mencoba untuk memiliki beberapa macam mimpi.

Q: Terakhir, apa keinginanmu untuk tahun ini?
Sunny: Sebagai perayaan 10 tahun, keinginanku adalah SNSD bisa melakukan sesuatu untuk memperingatinya bersama para penggemar. Aku ingin melakukan sesuatu yang benar-benar membekas dalam ingatan kami dan akan menempatkan kami semua dalam suasana hati yang baik. Tentu saja, sesuatu yang menyenangkan. Itu adalah mimpiku sekarang.

Q: Kami akan mengantisipasi itu.
Sunny : Jika kamu mengantisipasi hal itu, itu akan terasa membebaniku, tapi aku mengantisipasi itu juga. (Tertawa) 





Catatan penerjemah : Dalam White Day, giliran laki-laki Korea yang diberikan waktu untuk membalas coklat yang telah diterima saat Valentine's Day. White Day diadakan setiap 14 Maret, sebulan setelah perayaan hari kasih sayang

Eng.trans oleh SonexStella
Indo.trans oleh Siska Novera
Di posting oleh Admin Butterfly Kiss
SONE Indonesia
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment