Wawancara Taeyeon bersama High Cut Edisi Maret 2017


"Suara Taeyeon"

Mulai dari mengerutkan bibirnya untuk memperbaiki riasan bibirnya selalu tampak seperti seorang gadis, membiarkannya berkata dengan tawa hangatnya "Aku seperti H.O.T., hahaha" saat mengenakan celana baggy, dia menghangatkan suasana di lokasi pemotretan. Menanggapi seseorang yang berteriak "Kamu seperti seorang peri", ia berkata "Tidak masuk akal, apa maksudmu!" dan tertawa sekali lagi. Taeyeon yang telah kembali dengan full album untuk pertama kali dalam hidupnya tidak memiliki keraguan sedikitpun. Kita bisa mengatakannya, itu semangat yang tersisa setelah mengambil alih dunia musik. Bagaimana bisa kita tidak mengantipasi rekamannya saat ia berkata "Aku mempunyai lagu istimewa lainnya lagi" dan tersenyum.


Kami terus menonton video musik "I Got Love" yang baru saja dirilis saat kami datang ke lokasi interview. Itu sangat bagus, sehingga kami sangat menyayangkan ini bukan lagu utama.
Wah, sebegitunya? (Tertawa) Setelah dirilis, lagunya datang padaku ketika aku ingin menunjukkan sisi baru diriku. Segera setelah aku mendengarkan, aku benar-benar terpaku, jadi itu adalah satu dari lagu-lagu yang aku pertimbangkan untuk lagu utama.


Kami terkejut menonton video musiknya. Itu menjadi konsep yang paling "kuat" dari semua yang pernah kami lihat selama ini.
Bukannya itu menarik? (Tertawa) Melodinya minor dan kedalaman yang berat, jadi kami membuat imej yang sesuai dengan itu.


Di tengah-tengah tren yang kebanyakan tidak merilis full album, kamu membuat keputusan yang besar. Bukankah bekerja pada full album sangat berbeda dengan single dan mini album?
Karena ada banyak lagu, aku pikir aku bisa melakukan berbagai percobaan. Karena full album ini keluar dengan namaku, kami mengubah liriknya sesuai dengan perasaanku, dan aku banyak berdiskusi dengan penulis lagu. Aku juga melakukan rekaman yang lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Untuk waktunya sendiri, aku pikir setiap lagu memakan waktu sekitar 3 hari. Tidak ada satu lagu pun yang aku tidak turut berkontribusi di dalamnya.


Lagu solo yang telah dirilis hingga saat ini, semuanya meraih kesuksesan melebihi batas normal. Tidakkah ekspektasi yang tinggi ini membebanimu?
Bohong rasanya kalau itu tidak memberatkan tapi aku mempunyai keyakinan yang berdasar. Aku mempercayai para penggemar. Kamu tidak bisa mencapai rekor tanpa henti. Perlu ada orang-orang yang mencarimu untuk terus melakukannya, dan penggemar terus menunjukkan reaksi dukungannya jadi aku bisa melakukan ini dengan berani.


Banyak musisi yang memuji kekayaan emosi di dalam vokal Taeyeon.
Sejujurnya, aku masih tidak berpikir aku memahaminya dengan baik. Diawal-awal debut, aku terlalu tenang dalam membawakan lagunya jadi aku merasa emosinya masih kurang. Aku memulai promosi sejak muda dan aku menyanyikan lagu-lagu sambil menari jadi lebih seperti itu. Setiap kali aku mendapatkan pujian terkait emosi, aku memiringkan kepalaku (artinya "bingung")


Penekanan emosi sedih di dalam kesederhanaan itu bagus.
Iya. Tapi sekarang aku penasaran, "Bukankah tidak apa-apa kalau berlebihan sedikit". Jadi aku berusaha keras. Aku mencoba untuk lebih mendalami liriknya, mencoba beberapa gaya bernyanyi yang berbeda, dan kali ini, membuat kesal banyak penulis lagu dan composer dan bilang "Oppa, bagaimana kalau yang seperti ini? Haruskah kita melakukannya seperti ini? Haruskah kita melakukannya seperti itu?. (Tertawa)


Apakah ada lagu tertentu yang kau berikan emosi khusus dari lagu-lagu yang termasuk ke dalam album ini?
Dalam lagu yang diberikan oleh Kim Jongwan sunbae padaku, ada bagian "Begitulah cinta" di tengah-tengahnya. (Note: Yang Taeyeon maksud "Time Lapse"). Melodinya sangat cocok dengan liriknya, jadi dalam sekejap, aku bisa merasakan emosinya. Ketika rekaman semua lagu dari album ini, aku berusaha keras untuk lebih mengekspresikan emosinya, dibandingkan dengan biasanya. Kalau kalian fokus dan mendengarkan, kamu mungkin akan mendengar suara hidung yang hampir menangis. (Tertawa)


Kami dengar kalau kau sangat gugup pada saat penampilan pertamamu untuk "I", lagu solo pertamamu. Apa kau berpikir kali ini akan merasa gugup juga?
Ah, tidak mungkin... Aku sudah melakukan konser solo sejak saat itu. Aku pikir aku akan lebih tenang di atas panggung.


Kau adalah seorang veteran sekarang, sudah 11 tahunmu sejak debut. Dan kau juga berumur 29 tahun.
Saat aku kecil, ketika kau mengatakan 29, akan terasa seperti raja (besar) unnie. (Tertawa) Umurku terasa asing bagiku jadi terasa tidak nyata. Aku menantikan umur 30 tahun. Samar-samar aku berpikir bahwa aku akan menjadi lebih rileks.


Saat kami melihatmu dalam pemotretan, kau selalu terlihat seperti seorang gadis, dan juga kau memiliki kharisma.
Aku berpura-pura memilikinya. Aku sangat pemalu.


Kami mencari 100 pertanyaan, 100 jawaban yang kau tulis ketika kau masih seorang trainee. Kau menulis "Aku ingin memperbaiki kemalasanku". Meskipun kau terkenal sebagai orang yang sering berlatih bahkan sekarang, kau dikenal sebagai "workaholic" yang mengeluarkan rekaman setiap tahun.
Sudah berapa ya tahun itu? (Tertawa) Aku mengakuinya. Aku rasa aku ini seorang yang gila kerja. Kalau aku tidak punya pekerjaan, aku gelisah. Gayaku adalah mencambuk diriku sendiri. Bukan seperti aku berakting atau melakukan musikal. Kalau aku tidak melakukan aktivitas terkait album atau pertunjukkan, tidak ada yang bisa aku lakukan lagi. Aku memaksakan diriku beristirahat. Jadi ketika aku mempunyai kesempatan, aku terus mencari lagu-lagu yang bagus, dan terus berhubungan dengan penulis.


Sekarang, apa kau masih menjelma sebagai "Peri Rumah" ketika kau tidak punya jadwal?
Aku memikirkan tentang kenapa aku orang rumahan. Sebagian karena kepribadianku, tapi aku pikir rambutku mempunyai efek yang besar. Kalau aku keluar dan dengan rambut blonde, mungkin orang-orang akan melihatku, bukan? Akhir-akhir ini, aku memiliki rambut hitam untuk sementara dan mereka tidak melihatku sama sekali. (Tertawa) Jadi aku bisa rileks dan berkeliaran. Tapi sekarang aku blonde lagi....Mm.. Aku akan menjadi orang rumahan lagi.


Apa yang kau lakukan ketika dirumah sendirian? Menurut fans, kau menjaga anjing kecil Tiffany, bermain games di handphone, mewarnai bukumu, mengecat kuku, mewarnai rambutmu sendiri, menyusun lego dan mendengarkan musik.
Itu akurat? Aku juga membuat kue.


Kamu membuat kue sendiri dan berbagi dengan penggemar saat Natal.
Aku melakukan itu juga. Tapi untuk sementara aku libur sementara dari membuat kue. Lewat V-App, aku syuting proses pembuatan kue dan mangalami trauma. Mencoba membawakan sebuah acara dan membuat kue dalam waktu bersamaan sangat sulit. Aku merasa malu dan berpikir "Ah, aku masih terbatas dan hanya bisa melakukan ini".


Lalu itu artiya tidak ada lagi kue Natal untuk penggemar?
Aku meragukannya. Natal datang setiap tahun kan? Jangan membuang harapanmu, tunggulah dan aku akan.... (Tertawa) Orang-orang kesepian harus menghabiskan Natal bersama-sama.


Sepetinya kamu berteman dengan penggemarmu.
Memang seperti itu kelihatannya. Aku terkenal tidak mempunyai teman. Untuk waktu yang lama, aku hanya mempunyai anggota satu grup dan penggemar. Tapi akhir-akhir ini, aku minum bersama teman-teman yang aku kenal melalui bekerja dalam musik dengan sebuah cahaya kecil yang menyala. Bukan sesuatu yang spesial namun aku sangat senang. "Kyaahhh~ Ini yang dimaksud dengan kebahagiaan!" dan kami mendentingkan (a/n: toss mungkin maksudnya) gelas kami.... Toleransiku terhadap alkohol naik sedikit. Aku sedang berusaha menghabiskan setengah botol soju. (Tertawa)


Apa member SNSD mengirim pesan dorongan semangat untukmu?
Iya. Masing-masing member sangat sibuk tapi ketika teaser keluar, aku mendapatkan pesan jam 4 dini hari. Mereka berkata "Apa aku membangunkanmu?" dan memberiku masukan dan aku sangat berterima kasih. Kalau kami tidak mempunyai jadwal grup, hampir tidak ada kesempatan bagi kami untuk bertemu. Mereka memperhatikanku bahkan setelah bekerja larut malam dan ketika mereka sedang berada diluar negeri, jadi aku sangat berterima kasih.


Apa mereka hanya mengatakan hal-hal yang baik saja?
Keluarga yang sebenarnya memberi tahumu kata-kata pedas juga, bukankah mereka begitu? (Tertawa) Kenapa kau tidak berakting lebih cantik lagi, apa kau terlalu malu? Tidak bisakah kau berlebihan sedikit? Lakukan dengan lebih berani. Kata-kata seperti itu.


Kalau kau bisa memberikan nilai untuk kepuasan diri sendiri terhadap album ini, berapa yang akan kau berikan?
Mmmmmm... 85. Alasannya...aku bisa mengeluarkan gaya bernyanyi baruku yang aku tidak tau bahwa aku memilikinya. Aku bisa mencoba gaya berbeda dari apa yang sudah aku lakukan. Setelah rekaman, ketika aku bisa mengatakan pada orang yang melakukan mixing "Tolong diolah dengan baik", aku merasa sedikit menyesal. Tapi kali ini, ketika aku rekaman lagu yang diberikan oleh Kim Jongwan-nim, aku sangat puas. Suasana hatiku sangat, sangat baik. Bukan karena aku melakukannya dengan baik. Tapi perasaan "Nell memberiku sebuah lagu seperti ini?" dan aku menyanyikan lagu Kim Jongwan-nim dengan gayaku sendiri dan fakta bahwa aku bisa melakukannya membuatku benar-benar bahagia. Ia adalah seorang musisi yang aku gemari sejak masih menjadi trainee. Itu adalah suka cita dan rasa kepuasan yang aku rasakan untuk pertama kalinya. Setelah rekaman, aku berteriak. (Melambaikan tangan keatas dan kebawah) Seperti ini. Ini adalah suatu kehormatan yang nyata.


Apa masih ada musik yang ingin kau coba? Versi rock intro "Run Devil Run" yang kau nyanyikan pada 2011 masih disebut sebagai legenda diantara para fans.
Aigoo, itu bukan level seorang legenda... Aku suka musik band rock. Ayahku menyukai band rock luar jadi aku sering mendengarkan musik Metallica sejak kecil. Aku suka mendengarkan musik hip hop juga. Tapi mendengarkan dan menyanyikan sebuah lagu sangat berbeda. Aku sama sekali tidak berpikir rap cocok denganku. (Tertawa) Aku berpikir lagu yang aku nyanyikan sekarang, dengan suara band yang nyaman, dan lagu tenang yang menitik beratkan pada vokal adalah lagu yang bisa aku nyanyikan dengan sangat baik untuk sekarang.


Melalui album ini, apa yang ingin kau sampaikan kepada pendengar?
Pertanyaan seperti ini adalah yang paling sulit. Judul album ini adalah "My Voice". Mulai dari chorus, hanya dipenuhi oleh suaraku, dan aku memasukkan segenap emosiku ketika aku mengerjakannya. Secara pribadi, aku percaya penggemar akan mengenali emosi seperti itu. Aku berharap kalian akan mendengarkannya dengan posisi yang paling nyaman. Berdasarkan rekamanku akan keluar dalam beberapa saat lagi. (Tertawa)




Credits:
Indo Trans by taebangs - SONE Indonesia Fanpage
Editor by taengo11 – soshindonesia.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment