[Artikel Minggu Ini] SNSD Dalam Ulasan Billboard


Siapa yang tidak mengenal SNSD, Girl Band besutan SM Entertainment ini kembali mencatatkan namanya dalam sejarah. Tidak tanggung-tanggung, media ternama asal Amerika Serikat yakni Billboard baru-baru ini menempatkan nama SNSD sebagai salah satu Girl Band yang masuk dalam Daftar “10 Girl Band K-Pop Terbaik dalam 10 Tahun Terakhir : Pilihan Kritikus”, dan yang lebih membanggakan lagi bahwa SNSD berada di peringkat pertama dalam daftar tersebut, tidak hanya soal eksistensi Girl Band yang di gawangi oleh Taeyeon ini, lagunya pun tak luput dari sorotan media luar. Masih dalam ulasan Billboard, lagu Hits mereka pada comeback tahun 2013 lalu masuk dalam daftar “100 Lagu Girl Band Terbaik Sepanjang Masa : Pilihan Kritikus”, memang I Got A Boy menempati peringkat ke-21 jika di lihat secara keseluruhan dari daftar tersebut, namun jika di urutkan untuk Girl Band Kpop yang diulas oleh Billboard, tentunya nama SNSD berada di peringkat pertama, hal ini tidak mengherankan karena lagu I Got A Boy memang sangat melejit pada saat itu, bahkan dengan Music Video dari lagu ini berhasil mengantarkan SNSD terbang ke Amerika Serikat untuk menerima penghargaan “YouTube Music Award” dengan Tiffany sebagai perwakilannya.

Untuk mengetahui bagaimana lengkapnya ulasan Billboard untuk Girl Band Korea yang satu ini, berikut adalah penjelasannya :

A. “100 Lagu Girl Band Terbaik Sepanjang Masa : Pilihan Kritikus” (21. I Got A Boy – SNSD)

Selama bertahun-tahun, SNSD tidak hanya menguasai kancah Girl Band Korea tapi juga seluruh “zeitgeist” di negara itu, menghasilkan serangkaian hits nomor 1 dan memimpin daftar Forbes Korea Power Celebrity selama tiga tahun yang berbeda. "I Got a Boy" adalah bukti ketika grup hebat ini berusaha untuk mendapatkan yang lebih besar, dengan lagu yang multi genre dan tempo yang berubah-ubah pada lagu yang bagaikan monster Frankenstein ini, melonjak dari bass dan drum hingga irama bubblegum sampai ke tarikan suara berciri Aguilera. Sementara single masih membagi beberapa pendengar karena tidak mudah dicerna seperti hits mereka terdahulu yang ceria yaitu "Gee" "Oh!" Atau "Genie", ambisi dan kreativitas yang dipamerkan di sini bertindak sebagai bukti keseluruhan mengapa musik Girl Band berada pada liga tersendiri dalam hal kegembiraan dan dorongan batas - J.B.

Note : Zeitgeist = Semangat atau mood yang menentukan periode sejarah tertentu seperti yang terpancar dalam gagasan dan keyakinan saat itu


 

B. 10 Girl Band K-Pop Terbaik dalam 10 Tahun Terakhir : Pilihan Kritikus”

Sejak akhir 90-an, ketika Girl Band seperti S.E.S, Baby V.O.X dan Fin.K.L mendominasi gelombang udara, Korea telah menghasilkan sekumpulan gadis-gadis berbakat. Karena ini adalah Girl Group Week di Billboard, inilah saatnya untuk melihat kembali Girl Band yang paling banyak memiliki dampak pada industri K-pop selama 10 tahun terakhir.

1. Girls' Generation/SNSD

Bertahan hingga 10 tahun sejak mereka mengawali karir dalam industri hiburan, SNSD menjadi sebuah Girl Band K-pop yang tak terbandingkan. Grup yang pada awalnya beranggotakan 9 orang kemudian menjadi 8 orang, semua member SNSD sudah masuk dalam usia 20an tetapi masih bersinar di Korea Selatan sampai sekarang dengan lagu hits dan mempunyai semangat feminitas yang kuat. Nama-nama bersinar sampai sekarang, Taeyeon, Tiffany, Sooyoung, Seohyun, Yoona, Yuri, Hyoyeon dan Sunny dan mantan member grup, Jessica Jung membentuk generasi K-pop saat single "Gee" menjadi hits terlaris di Korea pada tahun 2009. Pada saat itu, mereka tetap pada warna musik klasik dengan single hook yang upbeat ("Hoot","Oh","Party",dll.) dan mengubahnya dengan gaya sonic di K-pop dengan "Tell Me Your Wish (Genie)", serta single dengan genre legendaris yang dikenal dengan tarian whirlwind, "I Got a Boy". Kemudian baru-baru ini, mereka mencoba sedikit warna musik yang dramatis seperti EDM dengan "Catch Me If You Can" dan bold brass di "You Think", namun tetap mempertahankan konsep menyegarkan yang membuat mereka menjadi Ratu Pop Korea.

Meski sudah bertahun-tahun berkarir di Industri hiburan dan para member tersebut menjalani karir sendiri seperti sebagai aktris dan soloist, SNSD tidak menunjukkan tanda menyerah dan Girl Band tersebut sedang merencanakan untuk merilis album spesial di bulan Agustus dalam rangka merayakan ulang tahun mereka yang ke-10 tahun.


Dalam ulasan Billboard diatas tentu tidaklah berlebihan jika SNSD dikatakan Pemimpin Girl Band Korea Selatan saat ini, jika dilihat bagaimana mereka mampu bertahan hingga 10 tahun dengan persaingan yang sungguh tidak mudah. SNSD layak juga dikatakan sebagai “contoh sebuah Girl Band”, karena selain kegiatan solo member yang tidak menganggu kegiatan grup dan “Gee” sebagai salah satu lagu yang menyebarkan gelombang hallyu, lagu debut mereka “Into The New World” yang dirilis sejak tahun 2007 hingga saat ini masih menjadi hits, lagu tersebut telah digunakan oleh berbagai kalangan baik itu penyanyi, trainee, bahkan dalam orasi ataupun aksi untuk memprotes sesuatu hal kepada petinggi mereka.

SNSD bukanlah Girl Band yang berjalan mulus tanpa adanya hambatan, karena seperti yang kita tahu bahwa “kutukan 7 tahun” dan hengkangnya Jessica pada September 2014 sempat membuat Girl band ini di ramalkan akan bubar, namun SNSD berhasil mematahkan hal tersebut. Dalam artikel yang dilansir dari laman dreamers.id, Tiffany pernah mengungkapkan rahasia sukses SNSD bisa bertahan hingga sejauh ini pada Jumpa Pers Konser ‘Phantasia’ beberapa saat yang lalu. Ia menuturkan, “Itu semua karena cinta dari para penggemar. Kami terus merilis musik terbaru kami karena cinta dan dukungan dari para penggemar kami. Kami tak pernah kehilangan semangat dalam bermusik dan tampil selama kami berkarir.”, ia melanjutkan “Aku rasa usaha kami, mengatakan ‘Ayo bekerja lebih keras’, dan kerjasama tim yang baik juga berpengaruh pada kesuksesan kami. Rahasia kesuksesan kami adalah kerjasama kami sebagai sebuah grup”.

Untuk memperingati 10 tahun mereka berkarir di Industri Hiburan, SNSD akan merilis Album ke-6 dan melalui Album ini diharapkan kembali menegaskan status SNSD selama satu dekade sebagai Perwakilan Girl Group di ASIA. Selain itu, mereka juga  akan menggelar "Fanmeeting" ulang tahun ke-10 mereka dengan tajuk "GIRLS' GENERATION 10th Anniversary - Holiday to Remember -", di Olympic Hall di Seoul Olympic Park pada tanggal debut mereka, 5 Agustus. Ini akan menjadi kesempatan istimewa bagi SNSD untuk melihat kembali 10 tahun mereka bersama para penggemar.

Krisis bisa datang pada setiap orang, dimana saja dan kapan saja tetapi SNSD mampu mengatasi krisis tersebut dengan bijaksana, ini terjadi karena kepercayaan antar member. Kepercayaan satu sama lain tidak bisa dihancurkan, meski bertambahnya usia pada member SNSD, kita masih bisa mendengar nama SNSD disetiap waktu. Mereka mengatakan ‘Saat ini SNSD, Kedepannya SNSD, selamanya SNSD’ seperti itulah SNSD.



Sumber : Billboard
Indo.trans : gakkoi27 and Gilang Bayu
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment