Wawancara SNSD Bersama Majalah W Korea Edisi Agustus 2017


A DECADE TO REMEMBER 



INI SUDAH JELAS SEBUAH GENERASI. 10 TAHUN SNSD YANG MENGGUNCANG DUNIA, MENGUBAH STANDAR, MENULIS SEJARAH, DAN MASA DEPAN MEREKA.


YoonA

Q: Drama ‘The King In Love’ akan segera tayang. Karena itu adalah pra rekaman, syuting telah usai tapi kelihatannya kamu sering bertemu dengan pemeran lain.
YoonA: Kehadirannya bagus, itu adalah poin dimana kami mengatakan ini terasa seperti kita di universitas. Ada bagian dimana penulis mencocokkan kepribadianku ke dalam karakter ku, dan mereka memberitahu ku untuk berperan seperti diriku sendiri. Aku pikir kalian akan bisa melihat penampilan yang nyaman.

Q: Dari para member, kamu secara konsisten berakting. Itu benar bahwa ada stereotype ketika idol menjadi aktor. Dalam cara apa kamu mengalaminya, bagaimana kamu mengatasinya?
YoonA: aku debut dalam drama sekitar satu atau dua bulan sebelum debut Soshi. Tentu, ada banyak hal yaang aku sendiri masih kurang, tapi orang orang melihatku sebagai seorang rookie yang bekerja keras. Kemudian, album kami keluar di tengah syuting, dan aku punya nama ‘SNSD’ yang disematkan padaku. Setelah itu, penilaian menjadi lebih dingin. Karena aku menampilkan diriku lebih banyak di panggung, orang lebih mengingat image itu. Jadi aku berpikir bahwa aktingku terlihat canggung. Akting masih lah sulit. Bukan karena aku seorang idol pada normalnya, tapi karena ada banyak orang yang bagus akhir akhir ini. Aku pikir aku jadi lebih serakah tentang menginginkan akting yang lebih baik di pandangan umum, lebih dari medapat label idol. Ada banyak aktor pengecualian yang sebenarnya idol, jadi aku tidak berpikir bias itu tidak buruk juga.

Q: Sutradara Kim Sung Hoon dari syuting pertamamu, 'Confidential Assignment', mengatakan kamu seorang "aktris pintar, dengan perasaan yang lembut." Apa pendapatmu tentang kekuatanmu yang cocok sebagai seorang aktris?
YoonA: sebuah kekuatan yang cocok sebagai seorang aktris terdengar seperti topik utama, tapi aku suka hal-hal yang sensitif. Aku sangat dipengaruhi oleh cuaca, dan berpikir bahwa atmosfir itu penting. Tentu, menunjukkan bagaimana seorang aktris merasakan banyak hal, dan bagaimana menunjukkan bahwa itu suatu masalah yang berbeda. Ada hal yang kamu pikir kamu bisa melakukannya dengan baik, tapi itu tidak terlihat dengan baik melalui layar. Aku tidak tahu jika itu aneh, tapi satu hal yang aku suka tentangku adalah suaraku. Ada orang yang berpikir aku akan memiliki suara yang ceria, tapi sangat terkejut ketika mereka mendengar suaraku yang rendah. Aku selalu suka nada yang seperti itu. Aku suka suara nada rendah actor/aktris lainnya, seseorang baru-baru ini yaitu Kim Ji Won.

Q: Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun SNSD yang ke 10?
YoonA: Ini terasa seperti masih 7 tahun, aku tidak tahu bagaimana waktu berlalu seperti ini. Senior lain yang telah merayakan anniversary ke 10, mereka terlihat keren dan menakjubkan, tapi apa yang paling kupikirkan adalah bagaimana waktu berlalu begitu cepat. Aku seperti merasa bangga juga.

Q : Dalam 10 tahun terakhir, apa yang berubah dari para member?
YoonA : Karena kami membangun pengalaman kami, kemampuan semuanya berkembang dan kami tumbuh. Aspek yang membuat kami gugup atau canggung menjadi nyaman. Pribadi yang bijak, orang yang paling berubah adalah maknae Seohyun. Dia dulu introvert (penyendiri dan pemalu) tapi sekarang dia sedikit lebih hidup dan memiliki kepribadian yang mampu menghampiri yang lain lebih dulu. Itulah hasil dari kedua upayanya, dan dipengaruhi oleh para member. Kemampuan bahasa Korea Tiffany unnie juga meningkat sangat pesat jadi untuk wawancara, dia memilih kata-kata yang sesuai dan melakukannya dengan baik

Q : Jika kamu bisa bertemu dirimu sendiri saat debut, apa yang ingin kamu katakan pada dirimu sendiri?
YoonA : Satu hal yang untuk diingat dalam pikiran ketika bekerja, aku akan mengatakan pada diriku sendiri untuk bekerja keras jadi aku tidak akan menyesal ketika aku melihat hasil dari pekerjaanku nanti. Karena itu akan membuatmu sedih jika kamu merasa seperti kami tidak melakukan yang terbaik dan bisa menyelesaikannya dengan lebih baik. Ketika aku masih muda, jika situasinya sulit, aku akan berkompromi dan mengatakan lain kali aku akan melakukannya dengan lebih baik dan akan melanjutkan hal yang berikutnya, tapi aku akan lebih suka mengatakan pada diriku sendiri untuk melakukan yang terbaik dengan hati di setiap momen.

Q : Kapan momen paling sulit selama 10 tahun terakhir?
YoonA : Lebih dari sulit, ada banyak momen yang memberatkan/membebankan. Setiap kali kami membuat album baru, kami memiliki kekhawatiran dan kecemasan tentang bagaimana jika kami tidak memenuhi tingkat antisipasi, atau jika mereka tidak menyukai penampilan kami ini, yang selalu disertai antisipasi. Tapi untuk aktivitas SNSD, kami punya banyak member sehingga kami saling memberi kekuatan. Bahkan ketika aku tidak memiliki energi, aku menerima energi dari para member sehingga aku bisa bertahan lebih lama. Sebelum aku bermain dalam drama 
, aku mengalami masa absen 2 tahun, dan menurutku ada banyak pemikiranku yang berubah. Terhadap SNSD, terhadap acting, aku melepaskan beban bagaimana publik melihatnya, dan menjadi sedikit lebih nyaman. Haruskah aku mengatakan bahwa aku lebih santai? Apakah ada sesuatu yang menyebabkan perubahan? Aku pikir aku perlu memberikan diriku sendiri waktu. Karena aku sangat sibuk, aku tidak tahu bagaimana menikmati waktu istirahat, dan seminggu sekali terlewati, aku merasa seperti aku telah beristirahat. Tapi menjelang menunggu pekerjaan yang aku bisa lakukan lebih baik lagi, atau cocok dengan ku bahkan lebih banyak mengubahku, daripada cemas memilih pekerjaan yang akan membuat publik melihat wajahku dengan cepat. Ketika menyiapkan album ini, tujuan kami adalah mampu memberikan perasaan seperti 'SNSD adalah SNSD' daripada mendapat hasil yang lebih baik, atau sesuatu seperti penghargaan.

Q : Apakah kamu belajar bagaimana menghabiskan waktu dengan baik?
YoonA : Aku pikir itu penting untuk banyak bepergian, belajar ini dan itu, dan memiliki waktu untuk memperluas cakrawala mu. Kamu butuh menghabiskan waktu dengan baik karena itu akan membuatmu melihat hal yang berbeda dari saat kamu bekerja.

Q : Apa arti nama SNSD untukmu?
YoonA : Itu adalah nama dari sebuah sumber kekuatan dan kebanggaan. Sesekali, kami mengatakan bahwa 'untuk kami, hanya ada para member' dan kami menjadi sumber kekuatan untuk satu sama lain. Dan sekarang, bahkan jika bukan para member, tim sendiri memerankan perannya. Bahkan jika kami pergi melakukan sesuatu dimanapun sendiri, aku melangkah dengan semua pekerjaan yang telah aku lakukan sebagai SNSD.



Sunny

Q : Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun SNSD yang ke 10?
Sunny : Kepribadianku salah satunya adalah mudah menggerakkan banyak hal, jadi belum banyak hal yang telah aku lakukan secara berkelanjutan, jadi satu-satunya hal yang telah aku lakukan selama lebih dari 10 tahun adalah bekerja. Seiring dengan hidupmu berjalan, ada saat-saat dimana waktu akan terasa sia-sia. Kapan pun itu terjadi, fakta bahwa aku pernah berada di SNSD selama 10 tahun menjadi system pendukung. Jika aku sendiri selama 10 tahun, aku bisa saja kesepian tapi kenyataan bahwa aku memiliki orang-orang untuk berbagi pengalaman bersama mereka. Member, penggemar, keluarga, staf yang telah lama bekerja sama dengan kami. Waktu yang telah berlalu adalah bukti keberadaanku. Meski sudah 10 tahun, kenyataan bahwa kami bisa menunjukkan sesuatu yang baru lagi dan juga keberuntungan.
Q : Baru-baru ini di fanmeeting ulang tahunmu, kami terkejut bahwa kamu secara pribadi dan membungkus langsung hadiah untuk penggemar.
Sunny : Pada hari ulang tahunku, aku mengundang dan mempersiapkan sebanyak 515 orang, tapi setelah aku memberikan hadiahnya, rasanya terlalu kecil dibandingkan dengan apa yang telah aku terima selama bertahun-tahun ini, jadi aku merasa menyesal. Aku sangat merasakan bagaimana penggemar harus siap setiap saat. Aku bisa berjalan bersama mereka.

Q : Dalam 10 tahun terakhir, perubahan apa yang telah terjadi pada para member?
Sunny : Seperti yang diperkirakan, mereka adalah teman yang berbeda dari awal, tapi ketika kami memulai debut, kami masih muda dan ini adalah pertama kalinya bagi kami jadi jika saat itu kami adalah gadis pasif, sekarang kami telah menjadi dominan dan kami memiliki stabilitas yang berasal dari pengalaman kami. Semua orang tahu apa yang mereka sukai, dan kami masih berusaha keras untuk melakukannya. Saat ini, ketika ada member yang pergi ke suatu tempat dan melakukan sesuatu, aku sama sekali tidak merasa cemas.

Q : Kapan waktu tersulit saat kamu melakukan promosi?
Sunny : Bahkan pada saat-saat sulit secara fisik dan mental, ada kesenangan sepele di dalam diri mereka, dan seiring berjalannya waktu, aku merasa mereka sangat membantu. Setiap individu mengalami kemunduran seksual seperti pubertas, dan kami mengalami kesulitan tim bersama-sama. Setiap saat, apa yang akhirnya membantu satu sama lain. Ada kenyamanan dalam hubungan bersama orang-orang yang melewati dan menjalani pengalaman yang sama bersama-sama.

Q : Ada banyak idola dan trainee hoobaes (junior) sekarang. Apa yang ingin kamu katakan kepada mereka.
Sunny : Jika ada sesuatu yang ingin mereka lakukan sesuai usia dan bisa dipertanggung jawabkan, aku ingin mereka mencoba semuanya. Jika mereka melakukan itu, mereka akan bisa tahu apa yang mereka sukai, dan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Bukan melalui fantasi, tapi melalui kenyataan, kalian akan bisa mengetahui kemistri kalian sendiri dengan jenis pekerjaan tertentu. Kalian perlu merangkul keduanya yakni keberhasilan dan kegagalan, jadi kalian juga tidak bisa menganggapnya terlalu enteng. Saran praktis lainnya adalah bahwa di zaman sekarang ini, semuanya tetap tertinggal sebagai catatan (tertawa).

Q : Apakah ada sesuatu yang membuatmu menyerah selama berada di SNSD?
Sunny : Daripada menyerah, ada mungkin beberapa hal yang aku biarkan pergi begitu saja. Karena ini adalah karir dimana aku menerima cinta, dan menerima hati banyak orang, aku belajar bahwa aku tidak bisa melakukan segalanya menuruti keserakahanku sendiri. Haruskah aku mengatakannya, sebagai seorang yang profesional, aku belajar bagaimana menangani situasi dengan baik? Jika ada sebuah penyesalan, jika aku sedikit lebih dewasa, aku akan tahu bagaimana membuat diriku sendiri nyaman, tapi aku tidak tahu bagaimana melakukannya dan menekan diriku sendiri. Kamu hanya bisa melihat hal ini untuk introspeksi.

Q : Apa kontribusi yang kamu buat untuk tim dan apa peran yang kamu mainkan untuk menciptakan SNSD hari ini?
Sunny : Ketika kamu berkata "Orang itu melakukan itu...", aku penasaran jika aku menjadi 'orang itu' (tertawa). Sebelumnya, aku memiliki stamina yang lemah dan aku sangat malu, jadi bagiku, menjadi entertainer, khususnya seorang idol, adalah aliran dimana aku perlu untuk berkerja keras. Normalnya, aku akan sakit seperti ayam yang sakit-sakitan, dan aku cenderung tidak punya banyak reaksi, dan bahkan para member tahu itu dengan baik. Tapi untuk menunjukkan penampilan seperti SNSD, aku bekerja keras. Sebagai contoh, hal-hal seperti aegyo.

Q : Kepribadianmu terlihat cerah dan ceria, apakah itu bukan masalahnya?
Sunny : Ketika aku masih seorang siswi, aku tipikal orang yang diam dan pemalu. Saat kamu melewati berbagai pengalaman, kamu akan menjadi berkembang. Kepribadian dan karakter tiap individu yang dikenal saat ini dibuat oleh kita dengan banyak upaya, dan image ini dibuat untuk merefleksi penampilan yang publik inginkan dari kita. Tentu, sisiku sejak aku masih muda masih sejatinya diriku tapi sisi yang berbeda dari keberadaan asliku juga. Untuk membuat diriku yang sekarang ini dikenal, aku pikir aku perlu berkerja keras secara rutin lagi.

Q : Kamu pemilik kucing yang bergairah, pada titik kamu pergi ke pameran industri kucing. Apa yang merubahmu dari kucingmu?
Sunny : Aku tidak bisa mengingat saat sebelum aku tidak punya kucing. Perubahan terbesarnya adalah aku tidak hanya memikirkan diriku sendiri. Ini menarik bahwa ada kehidupan yang menyambutku ketika aku pulang, dan memiliki seseorang yang bisa aku ajak komunikasi dengan setiap harinya membuatku menjadi orang yang cerah. Ini pertama kalinya memiliki tanggung jawab dan hubungan yang awet, dan pengalaman yang muncul dari itu menyenangkan juga. Tentu, aku tidak tahu jika Sogeumie juga berpikir bahwa kami berkomunikasi secara emosional. Bahkan jika itu hubungan satu sisi saja, fakta nya aku mengalami emosional yang kaya itu menarik dan aku berterima kasih untuk itu. Tidak hanya kebahagiaan, tapi perasaan bersalah, dan bahkan khawatir.

Q : Apa minatmu akhir-akhir ini?
Sunny : TV, animasi, film, dan aku suka bermacam-macam game. Role-playing, aksi, PC, konsol, mobile ㅡ aku bukan pemilih, aku bermain dan menghapus berbagai macam tipe permainan. Ketika aku tidak melakukan promosi, aku membuat tempat tidurku menjadi surga dan menghabiskan hariku disana. Aku mencoba mengawetkan energiku sebanyak mungkin.

Q : Tidak banyak hari tersisa hingga comebackmu, dimana hatimu berada?
Sunny : Mengatakan 'kami mempersiapkan diri dengan keras', 'tolong lihat kami dengan cantik' adalah kata-kata yang semua orang katakan setiap waktu. Kali ini, aku berharap agar hati yang berbeda bisa berkomunikasi. Ada kalanya kami melakukan berbagai aktivitas saat kami berpisah, tapi untuk masing-masing member kami, tapi bagi member kami, SNSD adalah yang utama dan untuk SNSD, keutamaan kami adalah penggemar yang bersama kami. Sekarang kata 'penggemar' terasa sedikit canggung dan mereka lebih seperti teman, atau rekan. Aku harap mereka tahu itu.


Tiffany

Q: Bagaimana pemotretan hari ini?
Tiffany : Orang yang paling antusias tentang cover majalah W ini sebenarnya adalah aku. Aku ingin meninggalkan sebuah projek yang memperingati anniversary SNSD yang ke 10 dan juga kebijakan fashion yang penuh makna. Aku memiliki beberapa pemotretan editorial sendiri dari waktu ke waktu tapi itu sudah lama sejak aku bersama dengan kedelapan dari kami, jadi aku ingin membuat rekaman yang cantik bersama, menyenangkan dan membuatku bahagia. Ketika kami bersama, gambar yang sangat impresif akan keluar.

Q: Kepribadianmu tidak menyembunyikan kasih sayang mu kepada member yang lain.
Tiffany : Sebagai seorang trainee, persiapanku sangat pendek. Ada member yang di latih selama 7 tahun dan aku melakukannya selama sekitar 3 tahun. Member kami adalah panutanku dan kami terus menegaskan bahwa kami yang terbaik. Aku selalu membayangkan dan bermimpi maksimal tentang potensi para member.

Q : Yang lainnya berkata bahwa mempertahankan jarak yang cukup diantara satu sama lain adalah rahasia untuk hubungan yang baik, tapi pendekatanmu berbeda
Tiffany: Memulainya sendiri berbeda untukku. Aku sudah meninggalkan rumahku dan keluarga untuk datang kesini ketika aku berada di tahun ketiga SMP. Aku pikir aku mencintai para member dari awal (tertawa). Selama 10 tahun , aku selalu tak romantis. Apapun yang kulihat, aku berpikir tentang mereka, dan mereka tahu segalanya tentangku jadi aku tidak perlu menjelaskan apapun, jadi keberadaan mereka seperti keluarga. Bahkan di publik, aku ingin melakukan yang terbaik untuk mereka, tanpa rasa malu.

Q : Apa arti SNSD untukmu?
Tiffany : SNSD adalah tempat dimana aku hanya bisa mempelajari hal-hal yang baik. Itu adalah sebuah kehormatan dan takdir yang mungkin atau mungkin tidak datang sekali seumur hidup. Bahkan jika aku terlahir kembali, aku sangat mencintai tempat ini yang aku hanya akan menjadi member dari SNSD. Sembari menyiapkan comeback ini, aku menonton ulang video pertama dari debut kami. Anniversary ke 10 ini tonggak yang penting untuk sebuah hubungan, untuk persahabatan dan sebagai sebuah tim. Mereka rekanku tapi yang mengagumkan adalah bahwa saat kami tidak memiliki sebuah lagu yang kami promosikan, kami tanpa lelah melakukan sesuatu, entah akting atau variety. Kami semua memiliki banyak kegemaran.

Q : Seperti yang kamu katakan, karena kamu orang yang romantis, kamu pasti terharu dengan anniversary debut ke 10.
Tiffany : Mirip dengan bagaimana saat kami berpikir tentang tahun 90-an, kamu berpikir tentang Britney Speaes atau film , saat kamu berpikir kembali tentang 2007, aku harap kami masuk dalam pikiran secara alami. Dan aku berharap cover majalah W mengenai pemotretan kami hari ini menjadi bagian dari gambaran besar tersebut. Dengan berlalunya waktu, ada orang yang meragukan kata 'gadis', tapi kami terus eksis dan kami tidak kemana-mana (tertawa)? Ada banyak hal yang bisa kami lakukan secara individu dan ketika kami ingin datang bersama, kami datang bersama. Terpisah dan bersama, itulah SNSD.

Q: Manakah member yang memiliki kepribadian yang berbeda darimu?
Tiffany : Taeyeon. Sangat berbeda dariku, dia tidak bisa tahan dengan hal yang mengelikan dan dia memiliki kepribadian yang keren dan elegan. Tapi kami berdua meninggalkan kampung halaman dan sebagai teman sekamar, kami tinggal bersama paling lama selama 13 tahun, jadi kami memiliki hubungan yang spesial. Karena seseorang sepertiku disampingnya, dia mengenakan pink dengan baik (tertawa).

Q : Selama 10 tahun, di bagian apa kamu merasa kamu berubah atau berkembang?
Tiffany : Setelah membuat kesalahan tahun lalu, ada banyak hal yang aku sadari. Dari satu aspek, aku merasa seperti aku perlu memperbarui banyak bagian yang aku tunda setelah lulus SMA, dan untuk melakukannya, aku menggunakan waktuku untuk berusaha. Karena aku akan menginjak usia ke 30 ku nanti, aku juga berpikir bahwa aku perlu belajar budaya dan sejarah untuk mencocokkan usiaku. Aku melihat berbagai penampilan, pergi ke musium dan mengendarai KTX untuk pergi ke Busan. Aku ingin tahu lebih banyak tentang orang dan dimana aku berpijak, dunia luar di luar Cheongdam-dong.

Q : Apakah kamu melihat video mahasiswi Ehwa Women Univesity menyanyikan 'Into the New World'?
Tiffany : Sebagai SNSD, itu adalah momen kebanggaan. Sekarang adalah generasi feminis, dan ini adalah era dimana pesan-pesan pemberdayaan wanita kepada wanita yang lain itu penting. Aku merasa seperti lagu kami memainkan peran itu, jadi hatiku gembira.|

Q ; Apa yang telah kamu dapatkan dan hilang bersama SNSD?
Tiffany : Di bidang pekerjaan apa pun, selalu ada sesuatu yang kamu dapatkan dan hilang. Jadi yang terbaik adalah melakukan sesuatu yang aku cintai. Pengalaman ini sendiri seperti hadiah untukku. Tidak ada yang abadi, tapi setiap saat aku diberi, hidup pada saat ini dan hidup dengan setia adalah bagaimana kamu menciptakan kehidupan yang berarti.

Q : Apakah ada sesuatu yang kamu ingin katakan kepada idol junior?
Tiffany : Ketika para junior yang baru debut datang menemui kami di ruang tunggu dengan album, kemerlap dimata mereka mengingatkanku pada masa laluku. Album itu adalah segalanya bagi teman itu. Dengan tulus aku mengucapkan selamat pada mereka dan aku teriakkan 'Fighting' pada mereka, memberitahu mereka bahwa ini hanya permulaan. Tapi satu hal yang penting adalah, disamping menjadi cantik dan bersinar, kamu perlu memiliki sebuah cerita. Aku pikir orang yang bisa melakukan ini bekerja dengan baik adalah orang yang memiliki cerita dan pesan. Seperti 'Into the New World' mengekspresikan kepercayaan gadis-gadis yang jika kamu memiliki kekuatan dan kerja keras, kamu mengubah dunia, atau ketika kami melakukan 'Twinkle', bagaimana kami dengan jujur mengekspresikan kenyamanan di awal usia 20 yang menunjukkan pesonamu. Aku juga ingin memberitahu mereka untuk mencintai diri mereka sendiri. Gaya hidup idol sendiri membuat nya sulit untuk memperdulikan fisikmu dan kesehatan mental. Aku memiliki saat dimana aku berantakan, dan belajar satu per satu selama berolahraga. Aku akan suka jika mereka terus berlatih, memiliki tampilan yang awet dan berinvestasi pada diri mereka sendiri.

Q : Baru-baru ini, kamu pergi ke festival musik Coachella. Bagaimana pengalamannya?
Tiffany : Aku menunggu antrian dan berada diantara penonton, aku menonton penampilan Kendrick Lamar dan sebagai penggemar musik, hatiku terenyuh. Itu membuatku mengerti 'penggemar kami pasti merasa seperti ini ketika mereka datang melihat penampilan kami' dan aku pikir kami harus membuat konten yang lebih baik di panggung.

Q : Apakah kamu memikirkan karir individu setelah SNSD?
Tiffany : Aku ingin berakting dengan dialog bahasa Inggris, aku pikir aku bisa juga membawa ketertarikanku terhadap fashion untuk melakukan sesuatu. Ketila aku bertemu Victoria Beckham, ini apa yang dia katakan padaku. 'Kamu datang dari latar belakang girlgrup, jadi kamu akan melakukan apapun dengan baik. Kamu tidak bisa berada dalam sebuah girlgrup tanpa perasaan tanggung jawab'. Bagaimanapun, itu pasti bukan hal mudah untuk bertemu suami yang menakjubkan!

Q : Tidak banyak hari yang tersisa hingga comebackmu. Pemikiran seperti apa yang kamu miliki?
Tiffany : Ulang tahun ke 10 SNSD bukanlah sebuah ulang tahun ke 10 yang hanya kami harus bertepuk tangan dengan semangat. Ini adalah momen kami semua untuk bernostalgia bersama dan aku berharap ini adalah sebuah kesempatan untuk kami berbagi kenangan. Berkaca pada dirimu sendiri selama era tersebut, dengan lagu SNSD. Karena aku juga mencintai dan cocok dengan musik. Itu segalanya untuk orang yang mendengarkan musik.
 



Yuri

Q : Pada wawancara sebelumnya, kamu berkata 'ada banyak ekspektasi dengan nama SNSD, jadi itu yang menjadi beban'. Apakah itu masih berlaku? Bagimu, apa itu nama dari Soshi sendiri?
Yuri : Dengan nama ‘SNSD’, aku merasa bahwa kami selalu menerima banyak cinta dan antisipasi. Jadi aku diantara berterima kasih dan hati-hati. Karena aku pikir bahwa kami tidak bisa menyebabkan masalah disini. Aku sangat menikmatinya dan aku bahagia tapi sebaliknya, itu jadi beban dan kekhawatiran. Melangkah maju, apapun aku usahakan, nama SNSD akan memberiku banyak kekuatan dan di saat yang sama, itu akan menjadi beban dipundakku.

Q : Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun SNSD yang ke 10?
Yuri : Kehidupan sehari-hari dalam satu tahun setelah yang lainnya terkumpul menjadi 10 tahun. Sebagaimana ini comeback kami dalam 2 tahun, kami menyiapkannya dengan giat, tapi mirip untuk menyambut ulang tahun dengan tenang, itu bukan sesuatu hal yang luar biasa spesial. Aku berterima kasih untuk setiap momennya, tapi alasan mengapa kami tidak menambahkan banyak arti karena kami tidak pernah sekalipun berpikir tentang ini sebagai akhir.

Q : Ketika kamu membandingkan saat debut, apa yang berubah?
Yuri : Untukku pribadi, aku tidak memulai Soshi dengan mimpi yang ambisius. Aku bertemu teman-teman yang melakukan apa yang sangat suka aku lakukan, yang mana bernyanyi dan menari. Seolah-olah kami sedang melakukan kunjungan lapangan dan aku sangat menikmatinya. Ada banyak momen yang sulit, tapi sejak aku menikmati apa yang aku lakukan, aku pikir aku mampu sampai di titik ini sekarang.

Q : Selama 10 tahun, bagaimana kamu mampu mempertahankan hubungan baik sebagai sebuah tim
Yuri : Itu masih berat dan kami berhati-hati. Dari aspek tertentu, bahkan lebih dari 10 tahun lalu. Bagiku pribadi, sama seperti aku merasa berharga kepada para member dan grup SNSD, aku mencoba mempertahankan jarak. Dalam gaya hidup sebuah grup dari beberapa orang, dalam situasi dimana kamu bisa dibandingkan bahkan jika kamu tidak menginginkannya, itu adalah metode untuk mempertahankan sebuah hubungan yang santai untuk waktu yang lama. Sekarang mereka seperti keluarga, kami melewati titik saat menjadi sumber masalah satu sama lain, dan kami ada di era dimana kami melihat satu sama lain dengan cara yang imut.

Q : Jenis sentimen yang seperti apa yang kamu rasakan saat melihat girl grup lain yang berpromosi disaat yang sama dinyatakan bubar satu persatu?
Yuri : Aku bisa mengerti pilihan dan keputusan mereka dan berpikir bahwa kami harus menghargainya. Satu-satunya hal yang tidak berubah di dunia ini adalah kebenaran bahwa segalanya berubah. Aku berterima kasih bahwa mereka bekerja dengan giat dan bahwa mereka memberikan lagu-lagu yang bagus.

Q : Kegiatanmu sampai saat ini, lagu atau penampilan favoritmu?
Yuri : Aku merasa paling hidup dan bahagia saat aku melakukan sesuatu yang memberikanku perasaan prestas, Terpisah dari reaksi publik, panggung yang memberiku rasa prestasi adalah yang paling menggairahkan bagiku. Sebagai contoh, 'Catch Me If You Can', dimana sebuah tantangan yang memiliki koreografi yang sulit dan itu tidak mudah dari aspek stamina fisik, itu adalah yang spesial di hatiku. Aku pribadi suka 'Kissing You', dan itu terasa seperti sebuah lagu yang kami sendiri tidak dapat melakukannya lagi. Ini mengingatkanku pada saat kami mempromosikan lagu itu, ada getaran dan energi kami saat itu terlintas dalam pikiran, jadi bagiku, ini adalah lagu yang murni dan monumental.

Q : Lagu debutmu 'Into The New World' dinyanyikan secara luas di area publik tahun lalu dan itu menjadi 'embun pagi' dari generasi muda. Apakah kamu melihat video mahasiswa Universitas Wanita Ewha menyanyikan nya sambil menyalakan lilin?
Yuri : Aku melihat videonya beberapa kali, dan aku bahkan menangis karena hatiku diselimuti perasaan emosional. Itu adalah sebuah momen yang aku sendiri merasakan kebanggaan yang begitu besar sebagai seorang penyanyi. Itu adalah sebuah pesan bahwa aku ingin menyampaikannya melalui pekerjaan ku, dan inspirasi yang kami ingin sampaikan lewat musik dan penampilan telah nyata, jadi itu tidak seperti yang lainnya. Pada saat kami debut, aku tidak sepenuhnya mengerti liriknya jadi aku mungkin membawakannya dengan mata yang berbinar. Tapi setelah waktu berlalu dan aku mendengarkan lagunya, lirik nya jadi lebih menyentuhku.

Q : Baru baru ini, drama 
telah usai
Yuri : Ini sedikit sulit untuk memutuskan dengan mudah karena ini cerita yang berat dan ini adalah karakter yang aku rasa terlalu jauh tapi disana tidak banyak waktu untuk memikirkan tentang itu. Ini terasa asing dan setiap momen adalah sebuah tantangan. Aku menangis beberapa kali.

Q : Apakah kepribadianmu hilang setelah tantangan yang sulit?
Yuri : Normalnya, kepribadianku sangat sembrono. Aku tidak membuat perhitungan di awal dan akhir atau berpikir rasional, tapi sekarang yang aku tahu ada banyak yang harus kupertanggung jawabkan, aku jadi berhati-hati. Aku seketika berpikir apa yang mudah, ringan dan apa yang aku bisa lakukan dengan baik kan, tapi setelah satu jam, aku berakhir dengan memilih sisi yang sulit

Q : Apa yang kamu ingin katakan kepada junior idol atau trainee?
Yuri : Akan ada banyak waktu dimana kamu merasa 'haruskah aku menyerah?'. Sekarang, seseorang harus memikirkan itu, dan aku mengalami perselisihan yang tak terhitung. Kapanpun itu terjadi, bekerja keras untuk menenangkan diri bahwa ada orang yang lebih sulit daripada diriku hari ini. Aku akan menyukainya jika mereka tidak menyerah.

Q : Kapan saat paling sulit selama 10 tahun terakhir?
Yuri : Setiap hari menyenangkan dan setiap hari juga sulit.

Q : Apakah ada peran atau genre yang ingin kamu lakukan nanti? Jika kami berpikir energimu dan kendali ketika itu tentang menari di atas panggung, film action akan cocok untukmu.
Yuri : Aku sebenarnya menerima pelajaran action. Aku tidak punya sebuah film atau sebuah drama yang direncanakan tapi karena aku ingin mencobanya, aku belajar dengan sebuah pedang. Jika ada sepotong , aku akan menikmati nya. Casting dua orang sisanya? Aku akan suka jika satu dari mereka itu Ha Jiwon unnie.


Sooyoung

Q: Saat kami bertemu denganmu di akhir tahun lalu di K-pop World Special, kamu mengatakan bahwa dirimu merasa gelisah setelah kamu memasuki usia diakhir 20an. Bagaimana dengan perasaaanmu?
Sooyoung: Aku masih seperti itu sampai dengan awal tahun ini. Saat aku memiliki sedikit waktu sampai kami memulai mempersiapkan album SNSD, aku menerima tawaran casting untuk berperan dalam drama weekend yang akan dimulai September ini dan aku memutuskan untuk melakukannya tanpa membaca skrip. Karena aku cukup beristirahat, aku ingin fokus untuk bekerja lagi dan aku juga syuting web drama, "A Person You Can Know". Saat melakukan drama ini, aku berpikir tentang sesuatu hal. Aku pikir aku sadar sekarang terlepas dari viewer rating, garansi, screen times, stasiun TV dan lain-lain. Aku merasa bahagia dengan pekerjaan yang aku inginkan. Ini menyenangkan hanya membagikan prosesnya dengan orang-orang baik.

Q: Apa yang kamu rasakan saat kamu mendengar “10 tahun SNSD”?
Sooyoung: Pertama, aku bertanya-tanya "Apakah kami telah menginjak 10 tahun?". Aku merasakan sedikit terbebani karena aku sudah tua, tetapi SNSD adalah hidupku dan jadi rasanya juga tidak lama. Beberapa saat yang lalu, aku menonton penampilan saat kami masih muda dengan member lainnya dan melihat kita yang bertingkah imut dan tak berdaya (tertawa). Aku merasa kasihan pada member termuda yang bekerja keras mencoba terlihat cantik dan mereka keliatan cantik dan aku ingin menepuk kepala mereka masing-masing.

Q : Apakah yang paling kamu khawatirkan saat mengerjakan Album tersebut? Sooyoung: Harapan untuk bagaimana kami akan tampil dalam ulang tahun ke-10 menjadi yang terbesar dan kami mencoba tidak terbebani dengan harapan yang terlalu tinggi. Sebelum memilih lagu, aku sangat khawatir tetapi mendengar lagu itu, aku merasakannya, "Benar, ini adalah SNSD". Akibatnya, aku pikit ini akan menjadi apa yang masyarakat umum ingin lihat dari kami pada hari ulang tahun kami yang ke-10.

Q: Saat momen kritis di dalam grup, apa yang biasanya kamu lakukan dan bagaimana kamu melakukannya? Dan juga, apakah kamu berpikir kamu bisa menyelesaikan masalah kritis saat ini.
Sooyoung : Terkadang aku akan tetap bertahan, atau di lain waktu, aku akan mencoba menyelesaikannya. Tidak peduli apa masalahnya, itu adalah semua hal yang kami alami bersama. Jadi, daripada berpikir, 'Mengapa kamu seperti itu?', ini lebih seperti, 'Aku juga melakukan itu sebelumnya'. Ada semacam chemistry diantara kami, bahkan tanpa mengatakan apapun. Sampai pada titik di mana kami semua akan diam, dan seseorang akan tiba-tiba pergi, 'Ah!', Kami akan tahu emosi seperti apa yang ada di baliknya. Hal terpenting dalam hal gaya hidup sebagai grup adalah pengorbanan dan kesabaran, bukan? Jika ada saatnya aku melakukan pengorbanan, saat aku melakukan sesuatu sesuai kehendakku sendiri, ada member di belakangku yang sedang berkorban.

Q: Semenjak debutmu, apakah ada sesuatu yang membuatmu dewasa?
Sooyoung : Seperti yang aku katakan, aku telah belajar untuk bersabar. Sebagai contoh dari kami, ada member mulai bersiap-siap pada jam 6 pagi dan perlu menunggu sampai member yang tersisa menyelesaikan persiapannya. Dalam situasi di mana semua orang selesai bekerja di pagi hari, seseorang hanya bisa pulang setelah member lain turun dari mobil. Orang-orang hanya bisa mengatakan bahwa ini adalah pengalaman yang masuk akal untuk kegiatan grup, tapi bagi kami yang telah hidup seperti ini selama 10 tahun, ada banyak aspek yang tampaknya tidak masuk akal. Tentu saja, tidak hanya di antara kami, tapi aku pribadi cenderung bersabar saat berhadapan dengan orang lain dan situasi yang membingungkan. Apa satu hal yang kamu dapatkan dan satu hal yang hilang bersama SNSD? Sooyoung : Aku telah mendapatkan pengalaman dan kenangan, tapi jika ada sesuatu yang hilang, itu adalah waktu. Untuk merujuk pada kenangan dan waktu berbeda tampaknya kontradiktif, tapi sungguh, aku telah mendapatkan kenangan, tapi setelah itu aku kehilangan waktu. Tapi karena ada banyak hal yang aku dapatkan, aku tidak menyesal.

Q : Pengalaman tersebut dan kenangan pasti berada dalam genggaman ketika kamu merencanakan karir individu di masa depan.
Sooyoung : Kamu tidak bisa tidak menggunakannya. Sebagai SNSD, kami harus baik dalam segalanya. Menyanyi dan menari adalah sesuatu yang diberikan, bagaimana menyapa orang dan cara berbicara, akting, dubbing, makeup, merawat diri, dan bahkan bagaimana membuat ekspresi untuk menunjukkan sisi menarikmu dalam 3 detik dalam sebuah komersial 15 detik! Bahkan saat aku melihatnya, itu membuatku penasaran bagaimana para member kami sangat baik dalam segalanya. Di lokasi syuting drama, staff berbagi cerita ini. Mereka ingin bertanya apa yang Sooyoungie makan dan apa yang cocok, dia dapatkan dan untuk mendapat beberapa informasi. Ketika kamu bekerja melewati malam, kamu perlu untuk menunjukkan setidaknya sedikit kelelahan tapi mereka tertarik karena aku tidak seperti itu sama sekali. Aku peduli tentang itu hanya dengan satu kalimat. "Aku SNSD".

Q : Apakah kamu memiliki aturan dan standar dalam kebijakan bekerja paralel dan kehidupan percintaan?
Sooyoung : Jika aku menamakan sesuatu, aku tidak mengumbar perasaan pribadiku atau foto pribadi di SNS. Yang paling penting, aku tetap mencoba hati-hati untuk tidak menarik perhatian dalam topik kencan selama kami melakukan promosi sebagai tim.

Q : Jika kamu bekerja di sebuah sekolah kejuruan kelompok wanita sebagai guru, subjek apa yang kamu ingin pertanggung jawabkan dan ajarkan?
Sooyoung : Bagaimana berbicara untuk menghindari kesalahpahaman. Ada waktu saat aku memiliki anggapan bahwa mayoritas publik yang tidak ditentukan membuat contoh manual pafa entertainer dan berpikir 'jika kamu tidak melakukan yang seperti ini, aku tidak akan menyukai orang itu'. Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda dan nada bicara dan menuruti emosi setiap saat, tanggapan mereka bisa berubah, tapi itu terasa seperti itu tidak mungkin (untuk publik)merenungkan itu. Khususnya sebagai girl grup, itu benar kalau wajah yang tersenyum, kebaikan dan kelemah lembutan itu penting. Image seluruh grup bisa ditekadkan dengan tingkah laku satu orang. Aku belajar sedikit setelah mencoba dan salah, ada beberapa kali ketika aku berkata atau menyeselesaikan suatu hal yang membawa kesalahpahaman.

Q : Seperti film 
, jika sebuah film dinamakan dibuat, konten yang seperti apa yang kami ingjn masukkan kedalamnya?
Sooyoung : Lebih dari , aku pikir kami harusnya syuting dengan para manager unnie dan oppa kami yang paling penting.. (tertawa). Seperti dalam film , aku pikir itu akan menghibur untuk menangkap emosi dan kehidupan sehari hari dari orang yang bekerja dibalik girl grup untuk membuat mereka menjadi yang terbaik, dan gaya berkomunikasi antara mereka dan para member.

Q : Ketika kami bertemu dengan mu tahun kemarin, kamu berbagi pemikiran yang keren mengatakan itu bukan hal yang buruk untuk serakah dan orang itu selalu berhak untuk memiliki sesuatu yang mereka inginkan'. Apakah ada sesuatu yang kamu serakahi akhir-akhir ini?
Sooyoung : Aku serakah tentang bekerja dengan baik. Sebelumnya, aku selalu berpikir 'aku akan mampu melakukan ini suatu hari', tapi sekarang aku mengubah pemikiran seperti 'apa yang bisa aku lakukan untuk mampu melakukan sesuatu yang seperti itu'. Ini sama seperti seorang penyanyi. Melihat BTS (Boy Grup), teman yang melakukan hal yang sangat baik, pergi ke pertunjukan penghargaan Amerika, itu membuat kami menjadi sibuk dengan musik yang seperti apa dan penampilan seperti apa yang kami butuhkan untuk ditunjukkan dan untuk mendengarkan "seperti yang diharapkan, inilah SNSD".

Q : Kamu juga berkata kamu hanya latihan bernapas tapi bukankah kamu berkata kamu mulai berenang pada paruh kedua tahun kemarin? Mengapa kami merasa bahwa kamu hanya melakukannya beberapa kali dan berhenti?
Sooyoung : Bagaimana kalian tahu! Aku terkadang pergi berenang. Ada sebuah olahraga baru yang aku lakukan dengan giat. Aku bermain golf dan aku jatuh cinta kedalamnya. Ini sebuah olahraga yang bisa aku lakukan ketika aku lebih tua juga, jadi ini terasa seperti aku menginvestasikannya dan aku menyukainya.


Hyoyeon 

Q : Baru-baru ini, kamu merilis lagu solo dengan judul 'Wannabe'. Itu tidak mudah untuk keimutan dan keren untuk hidup berdampingan, tapi kami bisa melihat kedua aspek dalam dirimu.
Hyoyeon : Ketika aku melakukan aktifitas solo pertamaku dengan lagu 'Mystery', aku ingin tampil cantik. Melihat kebelakang, aku pikir itu berarti bahwa aku kehilangan warnaku sendiri. Kali ini, aku ingin membawa sebuah penampilan yang keren menjadi hidup. Baru-baru ini, aku terus mencari tentang video Janet Jackson dan Madonna. Setelah melihat Janet Jackson menari dalam grup dan melakukan popping dan locking, ketertarikannku pada koreografi seperti itu datang ke kehidupanku lagi.

Q : Apa pujian favorite Hyoyeon yang paling di sukai untuk di dengar?
Hyoyeon : Aku haus akan pujian, jadi aku suka semua pujian (tertawa). Sejujurnya, aku suka mendengar aku cantik, atau aku jadi lebih cantik. Sekarang, aku suka mendengar bahwa aku memiliki pesona. Itu berarti aku memiliki warnaku sendiri.

Q : Di hari ketika kamu ingin terlihat cantik, usaha seperti apa yang kamu gunakan?
Hyoyeon : Aku dengan giat memonitor diriku sendiri. Terutama aku memonitor para member untuk menemukan aspek yang bagus dari mereka dan mencoba untuk menerima apa yang harus aku terima.

Q : Normalnya ketika seseorang memonitor, mereka hanya melihat diri mereka sendiri. Untuk.memonitor member yang malah lebih dari dirimu sendiri, ini bukan pernyataan umum (tertawa).
Hyoyeon : Pada waktu itu, aku tidak tahu bagaimana mengatakan perbedaan diantara diriku sendiri dipantulan kaca ruang latihan dan diriku sendiri di layar kaca. Aku merasa seperti kapanpun aku melihat diriku sendiri di layar, aku tidak mampu mengekspreaikan diriku dengan benar. Apa aku kurang berusaha? Apakah aku tidak tahu bagaimana mengekspresikan diriku sendiri? Aku punya banyak pikiran, tapi hanya karena kamu bekerja keras bukan berarti kamu cantik. Alasan mengapa aku memonitor para member karena aku tahu ada alasan mengapa member kami sering mendengar bahwa mereka cantik. Ketika publik menyatukan suaranya, itu terasa seperti perkataan mereka benar.

Q : Mendengar mu memberitahukan cerita seperti itu, itu pasti berarti bahwa sekrang perbedaan pikiran sudah memiliki tempatnya. Jika Hyoyeon sejujur ini, waktu itu, kamu pasti tidak menyembunyikan hatimu kepada para member?
Hyoyeon : Ketika kami melakukan 'Tell Me Your Wish', kulit kecoklatan Yuri diperlihatkan dengan celana pendek dan segala dari gayanya terlihat cantik dimataku. Jadi aku memberitahu Yuri, 'lagu ini diperuntukan untukmu'. Ketika aku mengatakan ini, Yuri jadi malu mendengarnya.

Q : Selama promosi dalam negeri, SNSD memiliki image adik perempuan yang imut sedangkan di Jepang, SNSD memiliki image gadis-alfa. Berdasarkan strategi yang sedikit berbeda di dua negara, apakah ada perspektif mu yang berubah tentang tim atau tentang diri sendiri?
Hyoyeon : Ketika kami melakukan promosi di Jepang, musik kami sedikit lebih kuat dan memiliki rasa yang berbeda dari lagu-lagu yang kami promosikan di dalam negeri. Tapi ketika aku pertama kali mendengar lagu-lagu yang kami promosilan di Jepang, tubuhku yang pertama kali bereaksi. Aku mampu segera memikirkan bagaimana aku harus mengekspresikannya. Ini bukan soal perspektif, tapi menurut keadaan yang menarik.

Q : Ketika wanita berkumpul, banyak orang berpikir akan banyak kecemburuan dan iri. Apa yang akan kamu katakan pada orang itu?
Hyoyeon : Aku pikir memiliki pemikiran tentang seseorang yang terlihat lebih cantik daripada dirimu atau memiliki hal yang lebih baik darimu bisa ada pada diri siapapun, jika mereka manusia. Tapi itu bisa juga menjadi sumber kekuatan. Kamu tidak boleh kehilangan keseimbanganmu walaupun dibandingkan dengan orang lain, tapi dalam hal iri yang positif, jika kamu mencoba lebih keras, kamu bisa mendapatkan hasil yang bagus.

Q : Seperti film 
, jika sebuah film dinamakan dibuat, konten seperti apa yang kamu ingin masukkan kedalamnya? Hyoyeon : Akan seperti apa jika kita membuat cerita dari sudut pandang staff yang berada disekeliling penyanyi wanita? Sebagai contoh, jika seorang makeup artis membuat seseorang cantik, seorang member lain bisa melihat itu dan datang bertanya, 'lipstick apa yang dia gunakan sebelumnya?'. Beberapa kali, staff membuat komentar kepada kami berbicara apa yang cocok untuk setiap member, aku merasa sesuatu yang seperti itu menghibur.

Q : Selama mengerjakan album ini, apa yang paling ada dipikiranmu?
Hyoyeon : 'Kami impresif'. Waktu berlalu dengan cepat. Hampir semua member menghabiskan waktu yang lama saat trainee jadi kamu menghabiskan 17 tahun bersama. Tentu, kami berangkat dari hubungan bisnis. Tapi kami adalah teman yang lari di titik ini bersama dengan satu hati, dan aku berterima kasih untuk fakta itu sendiri.

Q : Apakah kamu merencanakan karir individu yang kamu inginkan di masa depan?
Hyoyeon : Aku ingin menunjukkan suaraku dan tampil lebih keren sedikit demi sedikit. Aku masih punya banyak hal yang ingin aku tunjukkan. Aku bermimpi menjadi seorang penyanyi dancer yang keren, yang memiliki karisma daripada keseksian. Aku pikir aku perlu berpikir tentang panggung global, dan tidak hanya Korea. Dan ketika aku melihat pada kostum yang spesifik, akh sering berpikir atau membayangkan bagaimana aku bisa memodifnya dengan ideku dan membuat sesuatu yang sedikit berbeda. Suatu hari, aku ingin mencoba membuat sesuatu yang kreatif.

Q : Apakah kamu memiliki ketertatikan dalam fashion?
Hyoyeon : Aku sebenarnya memiliki gaya yang aku sukai. Aku benar-benar suka mencoba ini dan itu. Tentu saja aku melihat komentar yang mengatakan fashion bandaraku aneh, bahkan jika aku pikir itu keren. Tapi itulah gayaku, jadi apa yang harus aku lakukan? Tapi seiring berjalannya waktu, banyak orang tahu warnaku dan mengakuinya. Terima kasih untuk itu, aku jadi lebih nyaman.

Q : Jika kamu kembali ke SNSD jaman dulu, kata-kata apa yang kamu katakan pada Hyoyeon muda?
Hyoyeon : Aku ingin mengatakan hanya bekerja keras lah seprti itu, dan tetap lakukan apa yang kamu lakukan. Melihat itu sekarang, seraya waktu berlalu, bahkan jika ada saat yang sulit, mereka adalah sesuatu yang kami artikan sebagai pengalaman.


Taeyeon 

Q : Apa yang paling diingat saat mengerjakan album ini?
Taeyeon : Pertama dari semuanya, ini terasa sulit mengungkapkan titiknya dengan waktu yang singkat. Itu mungkin karena aku memiliki aktifitas solo. Hingga sekarang, aku melakukan ini dan itu sendirian dan membawakan sebuah lagu secara utuh.

Q : Bukankah kamu seorang veteran jika itu tentang menunjukkan pesonamu di bagian singkat dibagi diantara yang lain?
Taeyeon : Aku tidak berpikir aku memiliki nada yang unik. Jadi mengekspreaikan dibagian yang singkat dengan dampaknya masih tidak mudah. Selama rekaman, aku sangat khawatir tentang bagaimana mencocokkan aliran para member.

Q : Dari para member, kamu yang pertama memulai aktifitas solo. Lagu solo pertamamu 'I' sangat bagus, dan setiap kali kamu merilis sebuah lagu, reaksinya panas. Apa yang kamu rasakan lewat aktifitas solomu?
Taeyeon : Aku belajar bahwa aku butuh untuk lebih detail karena semua orang hanya melihatku. Ketika aku dengan SNSD, bahkan jika kami tidak mengaturnya terlebih dahulu, ada sebuah tanggung jawab peran dan pesona masing-masing, tapi aku perlu untuk menunjukkan semuanya sendiri.

Q : Jika kamu memiliki keinginan untuk memimpin musikalitas, itu pasti sedikit lebih beres sekarang.
Taeyeon : Aku sebenarnya melepaskan kepemimpinan dan lebih ke mencocokkan dan memenuhi kemampuanku yg terbaik. Saat aku solo, aku bisa mengekspresikan diri sebaik mungkin saat aku merasa nyaman. Di dalam tim, aku tidak bisa menjadi satu-satunya orang yang nyaman, jadi aku mencoba untuk mencocokkan semaksimal mungkin. Tapi sebagai dasar, daripada memberi pendapat besar, saat berbagai ahli di bidangnya memberikan bantuan, mendengarkan pemikiran mereka dengan baik terasa nyaman bagiku dan aku menyukainya. Kali ini, bagus untuk mendengarkan apa yang mereka pikirkan tentang ulang tahun SNSD yang ke 10.

Q : Pendapat yang seperti apa yang kamu bagi tentang anniversary SNSD ke 10 dengan staff yang berpartisipasi dalam album?
Taeyeon : Alih-alih memberi kekuatan, kami ingin menuju suasana di mana kami merayakan dan menikmati waktu lama yang telah kami habiskan bersama para penggemar, dan untuk memperingati hari istimewa itu.

Q: Kamu berkata bahwa ini sulit untuk mengekspresikan apa yang ada dalam hati jadi kamu tidak menulis lagu. Karena waktumu sebagai seorang artis masih panjang, ini tipikal yang memiliki keinginan untuk menunjukkan dirimu lebih banyak, tapi kamu tak terduga....
Taeyeon : Aku berpikir tentang mengapa aku seperti itu. Terutama ketika itu tentang lirik, alasannya mengapa aku berpikir seperti itu pasti karena aku mengembangkan sisi pertahanan diri karena menjadi perhatian tentang kesalahpahamn orang-orang. Dengan kata yang sama, banyak orang yang memiliki pemahaman mereka sendiri. Bahkan jika aku membayangkan sesuatu dan menuliskan sebuah cerita, seseorang bisa berdebat bahwa itu benar-benar terjadi padaku. Sejujurnya, situasi itu membuatku sedikit takut.

Q : Kalau begitu bagaimana Taeyeon akan menunjukkan penampilan keartisannya?
Taeyeon : Mmm, aku pikir bahwa untuk segalanya, ada waktunya. Sesungguhnya, jika aku mengatakan sesuatu seperti ini, itu mungkin diartikan sebagai 'Taeyeon tidak akan pernah menulis lagu' jadi aku berhati-hati lagi. Aku hanya mengatakan sekarang, waktunya tidak tepat bagiku untuk menulis lirik, tapi kedepannya, siapa tahu jika akan ada hari dimana sesuatu akan terjadi atau aku akan terinspirasi untuk banyak menulis.

Q : Jika kamu memilih satu hal yang kamu dapatkan dan satu hal yang hilang dengan SNSD?
Taeyeon : Aku menerima hidupku, aku menemukan 'aku'. Apa yang hilang dariku, biarkan aku berpikir, aku rasa ada banyak hal kecil... (tertawa) kehidupan pribadi, dan Taeyeon sebelum dia bertemu SNSD. Aku ingin bertemu bocah itu tapi aku tidak bisa membawanya dalam pikiran dengan baik.

Q : Kamu bisa menulis buku harian untuk persiapan situasi ini.
Taeyeon : Ketika membahas hal-hal seperti buku harian, gayaku adalah menghancurkannya melalui mesin penghancur kertas (Tertawa). Aku berkeringat dingin saat melihat buku harian, dan aku tidak tahan melihatnya.

Q : Apa alasannya? Kamu tidak bisa tahan betapa menggelikannya itu?
Taeyeon : Aku bahkan tidak tahu persis seperti apa rasanya, tapi aku tidak bisa bahkan hanya melihat jadwal yang aku tulis setahun lalu. Aku tidak terlalu menyukai masa lalu, dan itu mungkin karena aku ingin hidup tanpa memperhatikan diriku tentang hal itu? Bagiku, hari ini dan sekarang adalah yang paling penting. Ketika itu untuk besok, aku ingin memikirkannya nanti. Jadi baru-baru ini, aku menggunakan Post-Its. Aku menulisnya ketika aku butuh, letakkan dan aku bisa dengan mudah membuangnya. Post-Its ada di beberapa tempat di kamarku, meja makan, kaca dan jalan masuk. Sesuatu seperti apa yang perlu aku beli dari pasar, apa yang harus aku katakan kepada manager, bagian yang perlu aku modifikasi dalam album, apapun kontennya yang tiba- tiba datang ke pikiranku, aku menulisnya disana.

Q : Ketika wanita berkumpul, banyak orang berpikir akan ada banyak kecemburuan dan iri. Apa yang akan kamu katakan pafa orang itu?
Taeyeon : "Tentu saja ada, mengapa tidak?" (Tertawa) ada banyak orang yang penasaran tentang itu. Tapi kepribadian member kami menunjukkan bahwa kami relatif jujur dengan satu sama lain dalam perkataan kami, sejak kami masih muda. Jika kami komplain atau berpikiran berbeda, itu lebih baik untuk mengatakan sesuatu daripada menggigit mulutmu. Tapi nuansa juga penting. Daripada 'Mengapa kamu seperti ini?', jika kamu berkata 'aku pikir ini akan lebih baik, bagaimana menurutmu?' Itu benar-benar berbeda.

Q : Dari debutmu hingga sekarang, bagian mana yang kamu rasa berkembang?
Taeyeon : Aku pikir aku mengerti lebih sedikit bagaimana menangani orang. Aku tahu bahwa kamu bisa mengubah perasaan seseorang hanya dengan perbedaan bagaimana kamu mengakhiri kalimatmu. Haruskah aku mengatakan menjadi lebih ahli dalam berkomunikasi? Dan aku juga belajar bagaimana menjaga diriku sendiri.

Q : Apa tips mu dalam menjaga dirimu sendiri? Ada banyak orang yang mungkin tidak mampu menjaga negeri, tapi ingin menjaga diri mereka sendiri.
Taeyeon : Secara paradoks, kamu perlu berkorban. Di masa lalu, aku bahkan tidak tahu bagaimana menghilangkan stress. Ketika aku ditanya dan diwawancara tentang bagaimana metode menghilangkan stress, aku akan merespon bahwa tidak ada yang spesial yang aku lakukan. Aku hampir hidup sebagai orang rumahan, jadi aku pikir itu sedikit merusak. Tapi baru-baru ini, aku menemukan bidang baru... aku seorang 'cosmetics otaku' karena hidup sebagai seseorang yang terobsesi dengan kosmetik, aku baru-baru ini menemukan cara menghilangkan stress yang berhubungan dengan ini. Sebelumnya, aku tidak baik dalam hal pergi keluar rumah untuk berbelanja tapi sekarang, aku pergi keluar memakai topi. Untuk membeli produk warna, aku perlu mengkonfirmasi nuansa secara langsung.

Q : Ketika kamu melihat keangkuhan dari Youtuber cantik, mereka memiliki laci penyimpanan khusus, apakah Anda pada tingkat itu?
Taeyeon : Mirip dengan itu. Aku memesan sebuah kaca dengan lampu yang cantik dan itu akan tiba nanti. Ketika aku memikirkannya, aku jadi antusias. Baru-baru ini, aku membeli banyak kuas dan pewarna maskara. Bahkan jika aku menggunakannya seumur hidup, aku pikir tidak akan mampu menggunakannya semua?

Q : Terakhir, apa yang bisa kamu katakan tentang album ulang tahun yang ke 10?
Taeyeon : Sambil melakukan rekaman, kami sering berpikir 'Ini benar, kami seperti ini selama hari-hari debut kami'. Aku pikir ini akan menjadi sebuah album yanga akan membuatmu berpikir SNSD pada era itu. Aku pikir penggemar akan mampu mengenang waktu itu kembali.


Seohyun

Q : Kamu membintangi drama akhir pekan dengan Ji Hyunwoo dan Kim Jihoon. Itu adalah drama seri yang panjang dengan 50 episode, bagaimana pengerjaannya?
Seohyun : Ini lebih menyenangkan dari yang kubayangkan. Ketika kami pertama memulainya, aku pikir 50 episode itu panjang tapi itu membuatku berpikir aku tidak bisa percaya kami telah berada di titik ini. Aku selalu melakukan dua atau tiga hal secara bersamaan, jadi aku dilatih untuk menangani jadwalnya. Aku tidak memiliki waktu berolah raga jadi aku mencoba minum vitamin dan makan dengan baik. Latihan koreografi akan menjadi olahraganya nanti, bukan?

Q : Tapi di dalam drama, kamu diatur sebagai 'contoh wanita biasa' dan 'tidak terlalu cantik dan tidak memiliki bakat spesial'. Bukankah ini omong kosong, ketika kamu sendiri adalah Seohyun SNSD
Seohyun : Haha. Jika kamu melihat dramanya paling tidak sekali saja, kalimat tersebut tidak terdengar seasing itu? Aku suka bahwa aku mirip dengan karakter ku. Sejujurnya, ada beberapa kali dimana itu membuat frustasi karena prasangka pengertian tentangku terus eksis. Karena akting, aku pikir aku bisa menghancurkan beberapa bias itu sedikit, jadi mempermudah hatiku.

Q : Apakah yang kamu maksud dengan prasangka pengertian bahwa kamu seperti seorang 'gadis baik dan manis'?
Seohyun : Ada banyak orang yang menilai terlebih dahulu selama ini bahwa aku akan menyukai buku teks, dan bahwa aku tidak akan lucu. Tapi jika aku mengatakan halo dahulu dengan nada yang berani dan dalam cara yang rendah hati, itu bukan masalah, tapi orang-orang sangat terkejut karenanya. 'Dua puluh tiga?' 'Tidak, aku dua puluh tujuh' dan mereka terkejut lagi dengan usiaku.

Q : Ketika kamu berbicara Seohyun, dengan image gaya hidup yang lurus itu yang menonjol. Ada saat kami berpikir, 'seorang teman yang kaku beraktifitas di industri hiburan'.
Seohyun : Alasan mengapa aku berpikir memiliki gaya hidup yang lurus atau benar itu penting karena aku merasa seperti jika tidak seperti itu, hidupku akan berada di arah yang salah dengan sedikit provokasi saja. Setiap hari sangatlah sibuk. Karena aku hidup dan tidak mampu mengingat apa yang kulakukan kemarin, aku merasa seperti 'Wow, jika aku melakukan kesalahan, aku akan terbawa oleh waktu'. Meninggalkan rumahku di usia muda untuk tinggal sebagai seorang trainee adalah pilihan yang kubuat. Itu terasa seperti aku hidup dengan sehat oleh diriku sendiri, 10 tahun lalu, hidup ku akan selalu terkenang.

Q : Kamu menyadari lebih dulu, jadi sekarang 10 tahun telah berlalu, kamu tumbuh dengan sangat baik. Bagaimana rasanya untuk berkaca dimasa lalu ketika kamu tegas pada dirimu sendiri? Sejak kamu hidup dengan cara yang lurus, tidakkah kamu mampu membiarkan dirimu sedikit bebas sekarang jika kamu mau?
Seohyun : Tentu saja, aku berpikir bahwa aku harus sedikit mengalah pada diriku sendiri. Aku selalu menetapkan aturan untuk diriku sendiri seperti 'aku akan pulang sebelum waktu ini' dan 'aku tidak ingin bertemu dengan orang itu'. Tapi masih berpikir hidup seperti itu adalah bagus, jadi aku tidak menyesal.

Q : Sembari berpromosi secara domestik, SNSD memiliki image adik kecil yang imut di Jepang, SNSD mengukir image alpha-girl. Karena strategi yang sedikit berbeda di dua negara, apakah penilaianmu berubah tentang tim atau dirimu sendiri?
Seohyun : Sebaliknya daripada mengubah penilaian, setelah kami diterima di Jepang, itu terasa seperti pengakuan yang kami tidak hanya memiliki satu sisi dari kami sendiri, jadi kami menjadi lebih nyaman. Ketika kami berpromosi di Jepang, kami tidak mencoba untuk secara artifisial menunjukkan penampilan yang nyaman dan wanita dewasa. Kami memulai di Jepang saat 'Tell Me Your Wish', jadi dalam status yang lebih dewasa, kami mampu untuk menunjukkan sisi kami sendiri bahwa kami bisa melakukan yang terbaik waktu itu.

Q : Pada saat yang genting bagi tim, bagaimana Seohyun beraksi atau tindakan yang seperti apa yang kamu ambil?
Seohyun : Kepribadianku bukan seseorang yang melangkah dahulu tapi jika itu dalam situasi yang menegangkan, aku berinisiati terlebih dahulu. Ketika sebuah isu dengan tim terangkat, emosiku berkobar keluar. Aku mengeluarkan pendapatku pertama di grup chat. Pertama, aku masih anak muda yang mengikuti apa yang unnie lakukan, tapi aku bertumbuh dengan tulang belakang dari waktu ke waktu.

Q : Awal tahun ini, kamu melakukan aktifitas solo pertamamu dengan sebuah lagu dance R&B. Itu pasti menjadi kesempatan mu untuk menunjukkan inisiatif dalam hal pengerjaan musik.
Seohyun : Pendapatku di curahkan 98%. Aku dengan aktif bergabung dalam pemilihan lagu dan lirik, semua konsepnya dan bahkan aku membuat konsep proposal untuk musik video. Untuk siapapun, ketika mereka melakukan promosi, mereka tidak hanya melakukannya tapi semua orang memiliki intensitas. Aku tidak ingin menjadi yang pertama atau memiliki perubahan image. Aku hanya ingin menunjukkan 'Artist Seohyun dengan 10 tahun pengalaman yang seperti ini'. Aku mendengar banyak dari orang-orang yang mengatakan penampilanku mengejutkan dan baru, tapi itu tidak canggung. Dari aspek itu, aku sangat puas dengan hasil dari aktifitas soloku.

Q : Melihat kedepan, kami rasa Seohyun memiliki pemikiran yang sangat jernih pada karir individunya.
Seohyun : Sebagai seorang penyanyi, aku memiliki waktu 10 tahun berkarir, tapi sebagai aktris, aku masih ditahap awal. Jadi ini terasa berbeda, tapi aku suka rasanya. SNSD perlu berdiri di depan publik dengan cantik dan memperhatikan penampilan. Tapi sebagai Seo Juhyun, ini baik untuk menunjukkan penampilan yang sedikit berbeda. Sebagai contoh, tidak ada yang perlu direncanakan aku perlu melakukan ini atau selama , dimana aku lakukan sekarang. Ada sebuah kegilaan dalam diriku, jadi jika diberikan kesempatan, aku melakukannya dengan spontan! Aku masih memiliki image maknae, tapi telah banyak waktu berlalu dibanding dengan sebelumnya dan ada sisiku yang berubah. Jika aku bisa menunjukkan banyak sisi dariku lewat akting, aku akan menantikannya di masa depan.

Q : Jika kamu menjadi seorang guru di Sekolah kejuruan grup wanita, apa subjek yang akan kamu ajarkan?
Seohyun : Aku ingin menyediakan perawatan psikologi. Hal yang paling penting untik seorang entertainer adalah kesehatan mental mereka. Ketika aku melihat khususnya debut teman-teman yang muda, aku kasihan pada mereka dan ada banyak saat ketika aku merasa tidak enak. Tidak hanya entertainer, tapi jika semua orang yang hidup dalam sosialitas memiliki saat yang sulit, itu akan baik jika mereka bisa pergi ke suatu tempat untuk berbicara terus terang dan menerima perawatan.

Q : Jika kamu memilih satu hal yang kamu terima dan satu hal yang hilang bersama SNSD?
Seohyun : Apa yang aku terima adalah unnie yang sangat aku sukai. Ini bukan hal mudah untuk bertemu orang-orang dalam kehidupan yang sedekat ini denganmu, diluar keluarga. Sebaliknya, kemewahan untuk bisa memikirkan secara mendalam tentang hidupku sedikit kurang? Setelah debut, tidak ada waktu yang dihabiskan untuk melakukan apa-apa, jadi sepertinya aku sudah berlari terlalu banyak. Bukan sebagai Seohyun SNSD tapi sebagai manusia Seo Juhyun, bagaimana kalau aku tinggal sendirian di luar negeri? Aku penasaran apa sisi naturalku yang tidak bekerja konstan akan berpikir, atau bagaimana dia akan hidup.







(SNSD W KOREA August 2017 Behind The Scene)



Sumber : W Korea
Eng.trans : SonexStella
Indo.trans : alfiflyer99 and Gilang Bayu
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment