[SNSD 10TH ANNIVERSARY ①] Kenapa hanya 'Soshi' yang bertahan


"Jalan yang dilalui SNSD, akan menjadi sejarah untuk girl group K-POP"

SNSD akan merayakan ulang tahun ke-10 pada 5 Agustus nanti, yang menjadi girl group nasional paling lama aktif. SNSD menunjukkan kejayaannya sebagai girl group papan atas nasional dengan tercantumnya nama mereka menempati posisi 1 dalam 10 besar 'K-Pop Girl Groups of the Past Decade (Critic's Picks)' versi Billboard.

Grup generasi kedua yang debut pada tahun 2007 dibagi menjadi tiga bagian diantaranya Wonder Girls, KARA dan SNSD, namun hanya SNSD yang bertahan.

SNSD secara serius dibentuk oleh SM Entertainment, agensi sama yang menemukan grup idol generasi pertama H.O.T. Sejarah idol di Korea dimulai pada 20 tahun lalu dengan debut H.O.T pada tahun 1996, dan SNSD debut 10 tahun setelahnya.


Para ahli sepakat bahwa SNSD merupakan grup yang belum pernah terjadi sebelumnya, berdasarkan fakta bahwa girl group tidak bisa bertahan lama.

Kritikus musik pop Kim Yoon Ha mengatakan, "SNSD ini adalah grup yang langka di K-POP, dimana girl group biasanya mempunyai umur yang pendek. Kontrak antara agensi dan artis maksimal sampai 7 tahun. Mempertahankannya sampai 10 tahun mempunyai arti dan simbol tersendiri."

Pimpinan redaksi webzine 'Idology' dan kritikus musik pop Moon Yong Min juga mengatakan, "Hampir tidak ada girl group yang merayakan ulang tahun ke-10 mereka. Bisa mempertahankan predikat 'girl (gadis)' sampai umur akhir 20-an sendiri mempunyai arti yang sangat dalam."


Kenapa hanya SNSD yang bertahan

Mengenai SNSD, SM dengan percaya diri menyatakan, "Ini merupakan girl group nasional pertama yang disatukan oleh semua perencanaan SM mulai dari casting-training-producing-management.

Untuk menggabungkan setiap kemampuan menyanyi, menari, akting, dan bahasa, mereka mendapat berbagai pelatihan, dengan yang paling lama 7 tahun dan rata-rata 5 tahun. Kami menaruh segenap jiwa kami melalui berbagai tahapan tersebut untuk membentuk para anggota."

Para ahli juga sependapat dengan hal tersebut. Kritikus Kim Yoon Ha mengatakan, "Perusahaan hiburan terbesar Korea yakni SM, juga mempunyai peran dalam ulang tahun ke-10 SNSD. Kontrol kualitas dilakukan dengan cukup baik."

Produksi SM juga sangat menonjol. Lagu debut SNSD yakni 'Into The New World' yang dirilis pada 5 Agustus 2007, dinilai memaksimalkan imej girl group yang ada di masyarakat pada umumnya dalam hal musik, pertunjukan dan penampilan.

Album pertama mereka berjudul 'Girls' Generation' dirilis pada November 2007 juga merupakan hal yang sama. Menyanyikan ulang lagu hits Lee Seung Chul dari tahun 1989 dengan judul sama seperti nama grup mereka, dianggap sebagai keputusan yang cemerlang.

Kritikus Moon Yong Min mengatakan, "Kenyataan bahwa girl group yang mempertahankan imej 'gadis/girl' mereka telah mencapai ulang tahun ke-10 mempunyai arti yang dalam. Semua yang dipromosikan oleh SNSD akan menjadi sejarah untuk girl group K-POP."

Satu hal yang membedakan antara girl group generasi ke-2 seperti SNSD dengan girl group generasi ke-1 seperti S.E.S dan Fin.K.L adalah generasi pertama mengambil peran dalam perkembangan Hallyu.

SNSD meraih popularitas di Jepang dengan imej 'alpha girl', tak hanya dari penampilan dan kemampuan musikalitasnya, tetapi juga dari kepercayaan diri dan entusiasme mereka.

Kritikus Moon Yong Min memilih lagu 'Mr.Mr' dari mini album ke-4 SNSD, dirilis pada Februari 2014, sebagai salah satu lagu yang cocok dengan konsep tersebut. Narasinya mengenai seorang gadis yang jatuh cinta, tetapi sebenarnya itu adalah lagu yang mempunyai sikap aktif untuk memimpin seorang pria.

Kritikus Moon menyatakan, "Jika kita membandingkan SNSD dengan girl group lain yang debut di waktu yang sama, mereka mempunyai imej kuat sebagai mahasiswi ambisius dan percaya diri yang tumbuh dengan baik. 'Mr.Mr' terlihat seperti menyanjung dan merayu pria, tetapi sebenarnya mereka memberitahu pria tersebut untuk menjadi seseorang yang cocok dengan wanita tersebut."

Tak hanya penampilan dan pertunjukan, tetapi musik mereka pun mempunyai peran penting. 'I Got A Boy' dari album ke-4 dirilis pada Januari 2013 mempunyai struktur lagu yang rumit dan dianggap sebagai lagu yang inovatif saat itu.

Kritikus musik pop Lee Dae Hwa mengatakan, "Menakjubkan bagaimana mereka bisa mempertahankan posisinya di atas selama 10 tahun dengan dance music, dimana kita ketahui trennya selalu cepat berubah. Mereka memang tidak selalu yang terbaik, tetapi musiknya sendiri bagus dan mereka mengeluarkan konsep yang bagus pula. Demam girl group dimulai pada akhir tahun 2000 yang mempunyai peran sehingga dapat berlangsung sampai saat ini."

Walau begitu tentu ada krisis yang terjadi. Pada 2014, Jessica meninggalkan grup dan mereka harus menata ulang dari yang sebelumnyanya 9 anggota menjadi 8. Namun karena "mereka punya keinginan kuat untuk mempertahankan grup" (kritikus Moon Yong Min), mereka dapat menata kembali dengan baik.

Dalam wawancara bersama majalan W dimana SNSD menjadi sampul untuk edisi Agustus, Sunny mengatakan, "Setiap orang mempunyai titik terendah mereka seperti saat melewati masa pubertas, dan saat kami mengalami kesulitan grup bersama. Aku rasa hal yang membantu di saat seperti itu adalah satu sama lain."


Pertumbuhan 8 anggota

SNSD bisa menjadi girl group yang bertahan lama karena perkembangan setiap anggota dan grup itu sendiri. Mereka dapat memanfaatkan kepribadian dan sifat positif masing-masing dan meraih pengakuan yang cukup besar.

Dengan kemampuan bernyanyinya yang bagus, Taeyeon mengeluarkan album solo dan berpartisipasi dalam beberapa OST, menjadikan dirinya sebagai artis yang kuat. Sunny telah menunjukkan bakatnya di variety show dengan keceriaannya.

Tiffany aktif dengan kemampuan bahasanya dan selera musik dunianya. Hyoyeon mempunyai kemampuan tari yang menakjubkan dan kepribadian yang hangat. Yuri yang ceria menarik bagi kalangan pria maupun wanita.

Sooyoung yang mempunyai selera fashion bagus disebut sebagai fashionista baru. Yoona yang cantik dan disebut sebagai standar bagi center girl group, dia aktif sebagai seorang aktris dalam drama 'The King Loves'. Anggota termuda Seohyun menerima pengakuan atas kemampuan bernyanyi dan aktingnya melalui drama musikal 'Gone With the Wind' dan 'Mamma Mia!'.

SNSD juga mencoba beberapa hal baru seperti sub-unit TTS yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun, membawakan warna musik yang berbeda dari SNSD.

SM mengatakan, "Saat para anggota melakukan aktifitas grup maupun individu, kepribadian mereka jelas, dan SNSD menarik berbagai kalangan. Hal tersebut memiliki peran hingga SNSD bisa bertahan sampai waktu yang lama."

SM menyebutkan bahwa mereka memperhatikan secara serius selama proses pelatihan menyanyi, menari, akting, dan bahasa sebelum mereka debut.

"Kami memilih apa yang paling bagus dilakukan setiap anggota saat proses tersebut. Sub-unit SNSD-TaeTiSeo yang berorientasi vokal pun meraih sukses. Saat setiap anggota merilis album solo, kami mempertimbangkan gaya vokal, kemampuan di panggung, dan penampilan mereka.

Untuk anggota yang mempunyai bakat di bidang akting, kami mempersilahkan mereka untuk membangun pengalaman mereka melalui pelajaran dari awal debut mereka. Kami akan terus menunjukkan penampilan terbaik dari setiap anggota melalui drama musikal, variety show, dan hal lainnya."

Kritikus Kim Yoon Ha mengatakan, "Setiap anggota mempunyai karakter yang unik dan mereka juga menampilkan kemampuan mereka dengan sangat baik. Hal tersebut disempurnakan secara individu dan sebagai sebuah grup selama 10 tahun."


Sumber: Newsis
Eng trans: ch0sshi
Indo trans: taengo11 - soshindonesia.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment