SNSD Melihat Kebelakang Selama Satu Dekade Sebagai Ikon K-Pop, Penggemar & Masa Depan Mereka


“Kami bisa mencapai 10 tahun bersama karena kami berani dan kuat dalam setiap langkah yang yang kami ambil,” kata Taeyeon.

SNSD sudah membawa brand pop mereka yang cerah pada dunia musik sejak tahun 2007. Dengan lagu hit “Gee” pada tahun 2009, mereka menjadi leader yang tidak terbantahkan dari generasi girl group dan sudah merilis berbagai macam lagu hit. Dan, di awal bulan ini, mereka merilis sebuah album spesial untuk ulang tahun yang ke 10, Holiday Night, yang debut di puncak chart Billboard World Album – ketiga kalinya mereka menempati posisi puncak di chart tersebut. Dengan perayaan ulang tahun ke 10 mereka, delapan member SNSD menyempatkan diri bersama dengan Billboard untuk melihat kebelakang perjalanan karir mereka. Lihat di bawah ini:

Selama Hampir Satu Dekade Kalian Berada Di Posisi Top Girl Group Di Korea Selatan. Bagaimana Rasanya Mencapai Ulang Tahun Ke 10?

Taeyeon: Aku merasa sangat bangga dan mendapati itu sangat berarti bahwa kami bisa sampai sejauh ini bersama.
Seohyun: 10 tahun sudah berlalu dan itu memang waktu yang lama. Tapi karena aku memiliki member-member di sampingku, aku mampu membuat hari-hari burukku menjadi baik. Kami saling memotivasi satu sama lain dan memberi kekuatan pada satu sama lain. Aku percaya itu adalah alasan kenapa kami bisa sampai sejauh ini.
YoonA: Aku sangat bahagia karena kami bisa menjadi grup yang seperti saat ini. Terima kasih kepada semua orang yang sudah memberi kami sangat banyak cinta!
Sunny: Aku tidak menyadari bahwa waktu berlalu dengan cepat! Aku sangat bahagia.
Hyoyeon: Aku sangat bangga karena kami bisa mencapai ulang tahun kami yang ke 10 dan aku sangat berterima kasih kepada semua member. Aku sangat ingin mengucapkan terima kasih pada SONE kami yang telah berada di samping kami!
Yuri: Aku hanya ingin mengatakan bahwa aku berterima kasih karena aku dapat menghabiskan masa mudaku dengan penuh semangat bersama dengan member- member, teman-teman seumur hidupku, tanpa penyesalan. Aku juga ingin berterima kasih dan memberi selamat pada para penggemar kami untuk ulang tahun ke 10, kami bisa bersinar secerah ini karena kalian (penggemar).
Tiffany: Selamat untuk para member dan para penggemar selama 10 tahun dan aku masih mendapati itu sulit untuk dipercaya dan luar biasa karena kita dapat mencapai milestone ini dan aku merasa terhormat. Juga, aku memiliki waktu yang menyenangkan merayakannya bersama di fanmeeting kami.


Melihat Ke Belakang Pada Lagu Debut Kalian, “Into The New World,” Lagu Dan Music Video Nya Adalah Tentang Masa Depan Kalian. Apakah Kalian Pernah Mengharapkan Apa Yang Akan Ada Di Depan Kalian (Nantinya)?
Seohyun: Aku pikir kami selalu membayangkan akan seperti apa masa depan itu. Kapanpun kami bersama, kami akan selalu membicarakannya. Kami akan berbicara tentang hal-hal kecil dan juga berbicara tentang bagaimana penampilan kami nantinya 10 atau 20 tahun kedepan. Kami berbicara tentang apa mimpi-mimpi kami dan seperti apa pernikahan impian kami. Dan kami semua memutuskan untuk menjadi bridesmaids (pengiring pengantin) dan wedding singer untuk semua pernikahan kami.
Yuri: Aku pikir kami selalu berpikir bahwa apapun yang terjadi dan berapa tahun sudah berlalu kami akan selalu menjadi SNSD. Aku percaya bahwa kami akan selalu memegangnya di dalam hati kami dan melakukan yang terbaik dari posisi kami (masing-masing).


Apakah Proses Kreatif Kalian Berubah Selama Bertahun-Tahun?

Seohyun: Kami percaya bahwa tingkat partisipasi dalam proses kreatif pada kami telah meningkat selama bertahun-tahun. Pada awalnya, kami melakukan yang terbaik untuk mengungkapkan dan mengerjakan konsep yang diberikan kepada kami. Tapi selama bertahun-tahun, kami memahami gaya musik kami dan bagaimana cara terbaik mengekspresikan diri melalui lagu dan konsep. Dan melalui ini kami dapat mendiskusikan pendapat kami lebih banyak tentang genre apa yang paling sesuai untuk grup kami dan juga menulis lirik untuk lagu-lagunya.

Kalian Kembali Ke Masa Lalu Di Video Teaser Untuk "Holiday Night." Apa Saja Saat Menonjol Para Anggota Sepanjang Karir Kalian?

Taeyeon: Ada begitu banyak kenangan. Kami membuat banyak kenangan selama 10 tahun, dan ada begitu banyak momen dimana Aku merasakan kebahagiaan dari hal terkecil. Bahkan saat saya melihat ke belakang, mereka hal-hal itu adalah kenangan indah untukku. Jika saya harus memilih momen yang tak terlupakan, maka saat begitu banyak penggemar kami menyukai album-album kami. Aku juga ingat membuat kenangan saat melakukan tur konser kami.
Seohyun: Aku tidak akan pernah bisa melupakan bagaimana perasaan saya pada hari pertama kali kami melakukan pentas debut kami. Sangat sulit untuk memilih hanya satu memori yang menyenangkan. Tapi jika saya harus memilihnya, maka Aku pikir Aku adalah orang yang paling bahagia berada di atas panggung bersama anggotaku setiap saat.
YoonA: Saat paling membahagiakan adalah saat kami mengadakan konser kami dan saat kami memenangkan penghargaan besar. Ada begitu banyak saat yang berkesan, tapi menurutku saat yang paling berkesan adalah saat pertama kali kami memulai debut. Aku juga ingat membuat banyak kenangan bersama saat kami bersama pergi ke luar negeri untuk pemotretan.|
Sunny: Aku masih ingat saat ketika kami mengucapkan selamat tinggal kepada pendengar kami di konser pertama kami. Aku tidak akan pernah bisa melupakan apa yang Aku rasakan saat itu.
Hyoyeon: Saat yang paling berkesan dan paling membahagiakan adalah saat SNSD melakukan tur keliling dunia. Aku senang bisa bertemu penggemar kami di seluruh dunia dan menyanyikan lagu kami untuk para penggemar kami.
Yuri: Sebagai anggota SNSD, Aku merasa bahagia setiap hari dan setiap saat berkesan bagiku. Ada begitu banyak kenangan bahagia dan indah yang Aku buat.
Tiffany: Selama 10 tahun, kami memiliki waktu yang menakjubkan karena ada begitu banyak kenangan dan begitu banyak hal yang kami kenali karena terima kasih kepada penggemar kami di sepanjang jalan. Tapi jika Aku harus memilih, maka itu harus menjadi debut pertama kami di tahun 2007. Dan momen berkesan lainnya adalah ulang tahun ke 10 kami. Dua saat ini adalah saat tersayang bagiku.

Kalian Telah Memiliki Banyak Single Populer Selama Dekade Terakhir. Apa Sajakah Favorit Anggota?

Sooyoung: Bagiku, itu adalah album pertama kami “Into The New World”. Akhir-akhir ini kami mendengarkan lagu-lagu dari album pertama kami lagi dan Aku merasa seperti ini adalah album yang menunjukkan identitas SNSD paling banyak dan ini juga album paling favoritku.
Taeyeon: Aku menyukai lagu "Party." ini adalah lagu yang menyegarkan, dan tidak terlalu konseptual dan Kalian tidak akan pernah bosan mendengarkannya. Aku merasa seperti lagu yang terbaik mewakili diri sejati SNSD.
Seohyun: Album pertama kami, “Into the New World” pastinya merupakan album yang menunjukkan anggota yang ceria dan gembira pada saat debut kami.
Sunny: Ketika Aku mengingat kembali, Aku merasa seperti gaya, tarian, dan konsep keseluruhan untuk lagu "Oh!" Paling cocok untuk kita. Dari semua album, Aku rasa Aku menyukai album keenam kami yang merayakan ulang tahun ke 10 kami yang terutama.



Hyoyeon: aku pikir aku paling suka lagu dan konsep daru"I Got A Boy". Aku sangat menyukai konsep unik dan koreografi powerful dari sebuah lagu. Ada juga pergantian musik ketika ketukannya berubah, jadi (I Got A Boy) salah satu dari lagu lagu favorit ku.
Yuri: Aku menyukai semua lagu-lagu kami dan konsep album kami. Tapi dari semua lagu, Aku pikir Aku sangat menyukai "Genie" karena Aku ingat konsep dari lagunya sangat luar biasa dan lagunya bagus juga. Dan Aku juga menyukai lagu debut kami "Into the New World."
Tiffany: Aku pikir bahwa ada banyak lagu yang menjadi kesukaanku tapi dalam istilah gaya pribadi, Aku masih melihat kebelakang pada unit TTS. TTS adalah unit yang Aku terlibat dalam produksinya dan Aku masih sangat sangat bangga atas apa yang kami kerahkan bersama tidak hanya visual tapi secara musikal pada waktunya dan usia. Tapi untuk SNSD, baru dan standar nya berbeda dari apa yang Aku pribadi suka sekarang. Tapi melihat kebelakang pada segalanya, Aku harus mengatakan bahwa itu (lagu yang disuka) adalah "Into The New World" karena itu mewakili pesan dan cerita dibalik grup ini.

Secara visual aku pikir itu "Gee" dan "Genie" dari era 2009 yang membuat SNSD dengan Image yang Ikonik.


Apa Yang Bisa Kalian Beritahu Pada Kami Tentang Album Dan Single Baru?

Sooyoung: Untuk Album ini, kami sangat ingin fokus pada pengekpresian gaya SNSD yang sebenarnya. Ketika kami memilih lagu lagunya, keputusan kami tidak terpusat saat mencoba sesuatu yang baru, konsep petualangan, tapi lagu lagu dimana kami bisa memberikan yang terbaik dari kami kepada penggemar kami dan menunjukkan penampilan yang bagus. Itulah alasan mengapa aku merasa lagu lagu dari album baru kami penuh makna dan berisi pesan yang dipenuhi dengan apresiasi dan rasa terima kasih atas dukungan dan cinta untuk kami selama 10 tahun. Juga, kami memilih judul lagu kami karena [mereka] mendefinisikan SNSD dengan baik dan melalui lagu lagu ini kami akan mampu menunjukkan energi kami yang penggemar kami harapkan dari kami SNSD.
Taeyeon: Karena ini hari jadi ke 10 kami, kami ingin menunjukkan lebih dari hanya satu konsep. Itulah mengapa kami memilih untuk melakukan dua judul lagu untuk album ini dan merekam video musik untuk keduanya. Aku pikir Aku banyak memikirkan tentang penggemar kami saat aku mengerjakan album ini. Jadi aku terus memikirkan tentang bagaimana penggemar kami akan pikirkan tentang lagu lagu kami. Aku sangat berharap semua orang menyukai lagu lagu kami.
Seohyun: Kami memiliki dua judul lagu untuk album kami dan kami memiliki konsep yang berbeda untuk masing-masing judul lagu "Holiday" tentang merayakan hari jadi ke 10 kami bersama dan menunjukkan sisi menyenangkan dan enerjik dari kami. "All Night" adalah lagu yang mengantuk-antuk, tapi menarik disaat yang sama. Judul lagu ini akan menunjukkan sisi baru SNSD dan akan membuatmu ingin menari bersama dengan kami.
Sunny: Ketika kami merekam lagu lagu kami untuk album baru. Aku rekaman masing masing lagu sebagaimana kalau para anggota dan aku menceritakan cerita yang kami inginkan untuk penggemar kami dengarkan. Aku merasa album ini terdiri dari lagu lagu yang terbaik mewakili kami. Hyoyeon: Lagu baru kami akan membuat kamu berpikir tentang "Into the New World" dan "Party". Lagunya penuh dengan energi dan itu adalah sebuah lagu yang akan membuatmu mengatakan 'Ini lagu SNSD!' Berharap kalian menyukainya dan sering dengarkan lagunya.
Yuri: Album baru kami sungguh seperti pesta. Segalanya berkilauan! Jadi, tetap nantikan!


Bagi Para Anggota Yang Ikut Serta Dalam Proses Penulisan Lagu Holiday Night, Bagaimana Cara Menulis Lirik Untuk Lagu-Lagu Ini, Terutama Judul Lagu?

Seohyun [yang ikut menulis "Holiday" dan "Sweet Night"]: Ketika Aku menulis lirik untuk judul lagu, Aku berfokus pada bagaimana cara terbaik untuk mewakili keseluruhan suasana lagu. Aku sering mendengarkan lagu tersebut dan memilih tema untuk menulis ceritaku. Inspirasi di balik setiap lirikku didasarkan pada pengalaman dan imajinasiku daripada mendapatkan inspirasi dari tempat lain. Aku merasa bahwa pendengar akan dapat sepenuhnya terhubung dengan Aku melalui lirik hanya jika lirik itu berasal dari ceritaku dan bukan cerita orang lain. Aku juga merasa penting untuk memiliki lirik yang terdengar alami di telinga saat benar-benar dinyanyikan. Terutama selama nada tinggi, Aku bernyanyi bersama dengan lirik untuk memastikan bahwa setiap kata terdengar alami mungkin.
Yuri: Untuk album ini, Aku menulis lirik untuk "It's You (오랜 소원)", yang didedikasikan khusus untuk penggemar kami yang telah bersama kami selama bertahun-tahun. Jadi, ini adalah lagu yang sangat Aku hargai, dan mengerjakan lirik untuk lagu ini sangat spesial bagi saya. Itu sekitar 3 tahun yang lalu ketika saya menerima sepucuk surat dari seorang penggemar dan kata-kata dari surat tersebut telah sangat menyentuh hatiku. Aku mengambil kata-kata dari surat yang telah menyentuh saya dan menuliskannya ke jurnal lirikku Dan Aku telah menulis lirik untuk lagu ini seolah-olah Aku membalas penggemar yang telah menulis surat itu dan mengungkapkannya seolah-olah saya sedang mengobrol dengan penggemar kami. Aku biasanya mencatat bagaimana Aku merasakan saat membaca puisi atau novel, atau tentang bagaimana perasaan Aku pada saat-saat tertentu yang Aku maksud saat menulis lirik dan memastikan liriknya sesuai dengan keseluruhan mood lagu tersebut.

Meskipun Semakin Banyak Kelompok Idol Laki-Laki Telah Bertahan Selama 10 Tahun, Kalian Adalah Satu Dari Sedikit Kelompok Wanita Yang Mampu Melakukannya, Sementara Masih Tetap Bertahan Di Puncak. Mengapa Kalian Pikir Itu Mungkin?

Taeyeon: Kami saling menghormati satu sama lain dan memastikan untuk saling mengerti. Aku percaya kita bisa mencapai 10 tahun bersama karena kita berani dan kuat setiap langkahnya. Kami tumbuh bersama dan kami adalah tim walaupun apapun yang terjadi.
Seohyun: Kami banyak bercakap satu sama lain. Setiap orang berbeda. Kami berusaha keras untuk saling memahami dan memastikan untuk mendengarkan pendapat semua orang.
YoonA: Kurasa sangat penting bila kamu saling memahami. Aku percaya bahwa kami bisa sampai sejauh ini karena kami memastikan untuk saling menghormati dan saling memahami dengan baik selama bertahun-tahun ini.
Sunny: Saling mengerti adalah kuncinya. Aku selalu memastikan untuk saling memperhatikan satu sama lain dan anggota kami juga memastikan untuk memperhatikanku. Kapan pun Aku merasa bahwa mereka sedang memahami, Aku merasa sangat bersyukur. Aku benar-benar berpikir bahwa itu adalah cara kami bisa dekat dan bahwa kita bisa sampai sejauh ini bersama-sama.
Hyoyeon: Mungkin kita bisa bersama selama 10 tahun karena kita saling mengerti. Kami berusaha memahami dan saling memperhatikan satu sama lain. Aku pikir SNSD saat ini dimungkinkan karena semua yang telah kita raih bersama dan telah berjalan menuju tujuan kita secara langsung.
Yuri: Sebagai anggota SNSD, Aku benar-benar merasa bahwa kita semua melakukan yang terbaik untuk saling memahami sehingga kami dapat saling bersandar. Dan melalui cinta dan dukungan dari anggota kami yang lain, 'SONE', yang memungkinkan kami berdiri satu sama lain selama 10 tahun.
Tiffany: Aku sangat bangga dengan pencapaian10 tahun ini. Itu tidak mudah tapi Aku rasa anggota SNSD saling menunjukkan banyak pengorbanan, dedikasi dan tanggung jawab. Tapi yang paling penting, cinta adalah alasan mengapa kami masih kuat. Kami sudah cukup lama saling mengenal satu sama lain dan saling mendukung satu sama lain dan Aku pikir hal itulah yang membawa kami sampai sejauh ini.



Sumber : Billboard
Indo.trans : Team Translator (gakkoi27, Alfiflyer99 and PurpleGG)
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia

No comments

Powered by Blogger.