SONE Bersatulah, Kita Milik SNSD


Bagi kalian yang telah berada di sini untuk sementara waktu, kalian mungkin mengenalku. Beberapa dari Kalian mungkin tidak setuju dengan bagaimana aku membawa diriku sendiri, tapi Kalian tahu di mana sebenarnya hatiku.

Kalian juga tahu, kapan pun semuanya bisa menjadi serius, apakah Kalian bisa atau tidak percaya dengan apa yang aku tulis.

Bagi Kalian yang baru, halo dan selamat datang.

Cobalah untuk tetap mengikuti sisa paket karena potongan fandom ini akan menjadi perjalanan yang bergelombang.

Aku telah melakukan screenshots di twitter sebelum menulis ini dan aku pikir kebanyakan orang mendapatkan inti dari tweet awalku, baik secara langsung atau melalui pendapat umum dari SONE. Itu menggembirakan karena Kalian akan tahu ke mana postingan ini mengarah.

Aku membelah ini secepat mungkin karena aku benar-benar tidak siap tentang seberapa cepat SM akan memulai mediaplay mereka. Kalau dipikir-pikir, itu bodoh dan aku seharusnya sudah siap, jadi aku ingin meminta maaf untuk itu dan akan berusaha untuk terus memikirkan hal-hal ini lagi - komitmen kerja dan kehidupan nyata telah membuat investasi kepada fandom menjadi tugas yang sulit. Bagian paling lucu adalah aku baru saja mendapat pesan (DM) dari seorang teman di Singapura tentang situasi dibalik "satu minggu promo" .. jadi benar-benar tidak siap.




Translate percakapan Oniontaker dengan temannya
O : Oniontaker
T : Temannya

O : Pada bulan january SM mencoba untuk memaksa mereka memutuskan pada akhir bulan itu. Tanggal berlalu dan semua orang memilih diam tentang hal itu sejak itu, saat ini kita mulai melihat awal dari ancaman-ancaman SM menjadi nyata
O : Semua hal itu terjadi tidak enak, seperti melihat adegan mobil bertabrakn yang diputar dengan gerakan slow motion, namun kita sudah diberitahu sebelumnya bila itu akan terjadi. Dan kamu tidak bisa berbuat apa-apa
T : Wah sudahg keluar di berita saat ini, Saatnya melihat apa yg terjadi selanjutnya
O : Soal kontrak itu??
T : Yeah berita yang keluar jam 6.30


Tweet Oniontaker : Aku sedang membooting ulang komputer saya, lucunya saat aku sedang menDM seseorang kemudian artikel media play keluar
*Note : Booting adalah : mengacu kepada proses awal menyalakan komputer saat semua register prosesor diatur kosong, dan status mikroprosesor/prosesor diatur tata ulang (Wikipedia).

Aku akan meminta maaf terlebih dahulu karena teks berikut ini bukanlah tulisan mendalam dan hal ini hanya ringkasan berbagai hal. Rincian kesepakatan yang dimiliki setiap member atau negosiasi yang dilakukan tidak akan dibahas di sini: ini adalah pengalihan perhatian. Tolong pahami posisiku, seperti orang-orang yang dulu mengerti pada masa lalu fandom.

Membawa Kalian Untuk Lebih Cepat
Kontrak dan negosiasi SM yang sebagian besar tersembunyi hingga aku memposting tentang bagaimana ini akan berhasil, dan beruntungnya karena ini menjadi pengetahuan khalayak umum membuat pekerjaanku menjadi lebih mudah.
• SM biasanya memulai para idol mereka dengan kontrak 5 tahun.
• Para idol kemudian biasanya ditawari 3 tahun perpanjangan kesepakatan dengan perbedaan istilah sepenuhnya dari kontrak pertama mereka (baca: banyak yang lebih baik untuk mereka)
• Para idol membuat negosiasi secara individu.
• Dalam kasus SNSD, seperti hampir sama dengan semua idol, orang tua mereka terlibat dengan negosiasinya (karena sistem Korea atas senioritas dan hirarki membuat negosiasi antara agensi dan seorang yang muda sangat sulit). Istilah secara longgarnya "negosiasi ulang" pada permulaan setiap tahun atas pekerjaan mereka, menggunakan kontrak awal sebagai kerangkanya. Negosiasi pembaruan aktual juga selesai selama permulaan tahun yang telah kadaluarsa (jadi untuk SNSD, 2014 dan 2017).
• Januari adalah bulan yang cukup menegangkan bagi setiap idol dalam naungan SM.


Dimana Kronologi Waktu Dimulai
Kita kembali ke 2014. Aku pikir Aku adalah orang pertama yang memberitakan berita saat itu. SM biasanya suka menyelesaikan semuanya pada akhir Januari tapi beberapa hari berlalu beberapa saat setelah tenggat waktu karena SM masih menyelesaikan persyaratan dengan Jessica.

Tweet Oniontaker : Ini untuk setidaknya menambahkan beberapa tahun lagi bagi soshi. Senang semua orang mencapai kesepakatan :)

SNSD melakukan semuanya dengan baik pada bulan Januari 2014. "I Got a Boy" telah mendapat pujian dan perhatian yang lebih penting, mereka memenangkan semua penghargaan, yang mereka sapu dengan penjualan album, merchandise…

Lebih penting lagi, mereka telah membuktikan bahwa mereka bisa membagi diri mereka untuk menemukan kesuksesan di berbagai bidang.

Aku tidak bisa membahas detail apa pun kecuali memahami bahwa SM memberi mereka kesepakatan yang sangat bagus dan nyaman. Hal-hal jatuh ke bawah menjelang akhir tahun ketika segala sesuatunya berjalan seperti apa adanya. Aku masih akan mempertahankan sampai hari ini bahwa tidak peduli berapa banyak OT8 atau Golden Stars akan menuduh seseorang atau orang lain, gambaran yang lebih lengkap bahwa aku telah cukup beruntung untuk melihat bahwa baik SNSD maupun Jessica tidak dapat disalahkan atas apa yang terjadi pada saat itu. Aku tidak ingin menyentuhnya tapi aku harus melakukannya karena ini adalah hal yang relevan pada kronologi waktu ini. Karena aku melakukannya, aku perlu menekankan hal itu sebanyak mungkin sebelum aku melanjutkan perjalanan ini.

Pada periode kontrak yang tersisa, SM memusatkan perhatian pada rencana besar yang melibatkan China dan kelompok-kelompok yang akan memulai debutnya.

Berbicaralah kepada siapa saja yang mengaku sebagai orang dalam di SM dan mereka akan mengatakan bahwa mereka kekurangan pengetahuan dan kepemimpinan mereka mudah terganggu oleh rencana dan gagasan besar. Ini salah SM karena tidak memanfaatkan sepenuhnya SNSD tapi cobalah mengatakannya kepada mereka.

Kejadian-kejadian Ditahun Ini
Dipercepat pada akhir tahun 2016 dan Januari, ya bulan yang paling penting Januari, tahun 2017: SM ingin menyamakan apa yang mereka inginkan dari tiga tahun ini dengan apa yang mereka dapatkan pada 2017 sampai 2020. (Catatan penerjemah: jumlah rata-rata uang yang diinginkan SM namun tidak didapatkan selama 3 tahun terakhir, ingin didapatkan SM pada 3 tahun kedepan.) Mereka ingin member SNSD mengambil kesepakatan (harga) sekecil mungkin.


SM sedang mengeluarkan beberapa permainan secara bersamaan sekarang ini.
1. (Memberi) wortel dan tongkat pada member: menunjukkan pada member apa saja dan seberapa banyak SM bisa memberikan sesuatu pada SNSD, dan kemudian merebutnya secara mendadak. Kamu mungkin banyak melihat film tentang gangster untuk tahu " mainkan bolanya dan semuanya akan tetap baik." saat kamu melihatnya dalam kehidupan nyata. Aku memberitahumu sebagai orang yang sudah melihat permainan seperti ini di beberapa perusahaan.. ini adalah versi dari dunia hiburan. (Catatan penerjemah: SM menunjukkan kepada member seberapa besar kemampuan yang SM miliki untuk mendukung SNSD, namun secara mendadak mengambil dukungan itu)

2. (Memberi) wortel dan tongkat pada fans: Menunjukkan pada fans sebanyak apa mereka bisa mendapatkan/melihat SNSD, dan merebutnya secara mendadak. Mereka ingin kita untuk bersemangat dan meminta lebih, secara bodohnya, karena kita tidak tahu apa yang terjadi di balik layar. Aku katakan padamu bahwa memohon pada member SNSD untuk "TETAPLAH TINGGAL UNNIEEEE” itu berarti bermain dalam tangan mereka (SM)

3. Membagi dan menaklukkan: Mereka ingin membagi fandom untuk menekan member secara individu agar member tersebut mau melakukan apa yang SM inginkan, karena publik tidak akan terlalu peduli dan fans sebagai penikmat dalam hal ini akan protes akan situasi yang ada. Aku akan menekankan hal ini lebih lagi di bawah

Aku pikir mereka telah merilis berita bahwa beberapa member sudah memperbarui kontrak di saat ini "belum sepenuhnya benar", "belum sepenuhnya benar" akan mengarah pada hal yang membahayakan. Kontrak tentu saja berbeda-beda setiap individu dan setiap member ingin aktifitas solo yang berbeda-beda (entah itu akting, menyanyi, variety show) jadi semua isi kontraknya akan berbeda. Situasi saat ini sungguh sangat rumit dan SM mengambil keuntungan dari hal itu dan berusaha untuk memberikan arahan yang salah, perkataan sederhana "beberapa member sudah tapi beberapa member belum".

Saat ragu-ragu, SONE, kemana kita melihat?
Kita melihat pada member.


Selama comeback ini, adakah saat dimana member terlihat sedang mengasingkan seseorang? Mereka tidak saling menyalahkan diantara mereka akan pilihan yang mereka ambil atau mereka ada dipihak mana. Kalian bisa merasakan seberapa besar mereka menghargai posisi masing-masing. Kalian bisa merasakan seberapa besar kepercayaan mereka terhadap satu sama lain akan keinginan mereka berada dalam group.

Gambaran dari pembagian group yang ingin ditampilkan SM adalah sebuah kebohongan.

SM ingin adanya kebingungan dan pertikaian internal, karena kita semua tahu bagaimana akhir dari pertikaian internal: Kita akan membela bias utama kita dan mulai menujuk-nujuk menyalahkan fandom individu dari member lain.

Ini tidak bisa dibiarkan terjadi karena hal itu jelas sekali tidak akan bisa membantu para member.

Mereka mengenal satu sama lain lebih dari siapapun, dan sebelumnya kita mempercayai mereka. Sekarang percayalah lagi pada mereka, yang mempercayai member-membernya.

Hal Detail Yang Bisa Aku Bagikan Tentang "situasi sekarang"

Tweet Oniontaker : Lakukan sesuatu untuk kita dan terus buat Soshi menjadi bahan pembicaraan. Mereka membutuhkan kalian bulan ini. Sungguh.

Para member yang masih bertarung dengan SM di meja negosiasi telah menolak untuk menyerah, bahkan saat SM mengeluarkan ultimatum untuk mengambil keputusan pada 31 Januari 2017. Sejujurnya, pada bulan Desember 2016 sudah terlihat tidak baik saat mulai melakukan pembicaraan awal untuk perpanjangan kontrak. Dengan cepat makin terlihat jelas saat masuk bulan Januari 2017 bahwa itu (perpanjangan kontrak) tidak akan mudah.

Menurutku itu gila bahwa mereka bisa bertahan menghadapi SM selama DELAPAN BULAN tanpa menyerah; para gadis kita adalah wanita yang kuat tapi aku juga berpikir bahwa kamu tidak akan bisa melakukan hal itu tanpa percaya pada dukungan dari member yang sudah memperbarui kontrak. Hal yang lebih gila adalah juga dapat memenangkan kenaikan (harga) tepat sebelum comeback; mereka sukses bernegosiasi dengan SM untuk merubah kontrak yang tidak adil menjadi lebih adil walaupun sebenarnya itu masih tidak adil.

Baru sekarang ini SM memamerkan banyak group project yang berbeda di depan mata mereka, berharap mereka akan terbujuk dengan hal yang bersifat sementara dengan sisa waktu tiga tahun.

Kedepannya
Tidak ada konspirasi besar di industri K-Pop untuk membongkar SNSD. K-Pop adalah bisnis, tapi kamu melihat bisnis itu memiliki rasa hormat pada SM Entertainment. Hal-hal yang mendekati bahaya sehebat ini dan lebih terasa seperti pekerjaan orang dalam.

SM tidak selalu melakukan hal ini tapi saat mereka melakukannya, hal itu akan menjadi jelek. Serangkaian promosi secara keseluruhan ini. Dihilangkan dari acara. Diasingkan dengan sewenang-wenang setelah teaser yang luar biasa itu dan promo epik selama seminggu penuh. Menarik banyak penonton ke acara TV dan penjualan album yang melebihi kecepatan produksi.

Sebagai penggemar, aku pikir tidak seharusnya, sepasif apapun, memaksa member, atau menekan mereka untuk secepatnya membuat keputusan. SM sedang berusaha untuk memakai SONE sebagai senjata untuk melawan SNSD dan kita tidak bisa membiarkan hal itu terjadi.

Sumber : Oniontaker 
Indo.trans : Gakkoi27, PurpleGG and Alfiflyer99
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia 


No comments

Powered by Blogger.