[Womansplain] – Tendangan SNSD


Permulaannya adalah ‘Into The New World’. Lagu yang murni dan kuat yang oleh banyak girl group yang memiliki image innocent dipakai sebagai referensi paling tidak sekali, benar-benar terlahir dengan beban berat di pundak. Lagu itu mengandung keringat dari member SNSD yang harus menjalani hari-hari keras masa training selama 3 sampai 7 tahun, dan juga merupakan masa depan SM Entertainment setelah S.E.S, yang mana project girl group sebelumnya seperti Shinvi, MILK, dan The Grace tidak memenuhi harapan. Intronya yang terdengar sedikit lebih heroik sebagai lagu debut sebuah girl group, suara distorsi gitar yang berat yang menjaga keseimbangan lagu dan koregrafi yang intens yang menghidupkan lagu. Semangat dari para member yang bersiap selama setahun penuh hanya untuk panggung debut, dan keinginan dari manajemen yang ingin membuat girl group yang berbeda dari yang selama ini ada.

Akan tetapi, hal yang paling menarik perhatian publik tidak lain adalah ‘gerakan tendangan’. Meskipun music video nya menampilkan bebagai macam masa depan para member termasuk, dancer, ballerina, barista, pilot, graffiti artist, dll. , dan liriknya menceritakan suara dari gadis-gadis yang berdiri di depan menghadapi masa depan yang menakutkan dan tidak pasti, kesimpulannya tetap sama, seperti terowongan yang menarik semua orang kedalamnya. Image visual dari para gadis menendang ke depan mengarah pada layar bersama-sama dengan memakai rok pendek telah menarik perhatian banyak orang dan tersebar di internet dalam waktu yang lama sebagai gambar, atau terkadang file gif. Itu merupakan waktu yang cukup untuk menghapus isi dan energi aslinya yang seharusnya akan disampaikan.

10 tahun terakhir dari SNSD mungkin adalah sejarah dari persuasi dan konsiliasi umtuk membuat ‘tendangan’ itu diterima dunia sebagaimana yang seharusnya, Dunia yang bersikap tidak adil pada tindakan dan ucapan wanita, khususnya yang masih muda, dan dunia terkadang memperlakukan wanita muda seakan mereka terlahir tanpa kemampuan untuk menentukan nasibnya sendiri, prasangka seperti itu adalah target utamanya. Oleh karena itu, karir SNSD diawali dengan ‘Baby Baby’ dan ‘Kissing You’ yang menampilkan image gadis yang lemah dan imut, dan melanjutkannya dengan ‘Oh!’ yang merupakan puncak dari image tersebut, dan selanjutnya menghiasinya dengan lagu seperti ‘Mr.Mr.’ yang menampikan image dari wanita proactive yang berdiri di depan, dan lagu-lagu dengan penampilan kuat yang menarik perhatian seperti ‘I Got A Boy’, ‘Catch Me If You Can’, yang mengagumkan. Aliran ini yang terlihat seperti pertumbuhan yang berantakan dari seorang gadis yang terbuka matanya tentang dirinya sendiri sepenuhnya menampilkan kesuksesan dan kegagalan transisi dari ‘Aku yang ingin menangis hanya dengan melihat tertawa jenaka oppa’ (‘Oh!’) menjadi ‘Kamu akan menjadi bercahya hanya karena aku memilihmu’ (‘Mr.Mr.’)

Oleh karena itu, hal yang wajar jika mereka memilih diri mereka sendiri sebagai tokoh utama dalam album ke 6 ‘Holiday Night’ yang dirilis untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke 10. Kata-kata kunci untuk mereka, yang mulai menikmati gaya hidup ‘muda & kaya’ yang tidak memerlukan persetujuan dari siapapun, tidak lain adalah ‘pesta’ dan ‘teman sebaya’. Dari berbicara tentang rasa terima kasih mereka terhadap teman sebayanya yang tidak berubah selalu pengertian terhadap satu sama lain selama interview yang berkaitan dengan album itu, hingga pengakuan yang mengatakan ‘(SNSD adalah) kehormatan dan takdir yang terjadi sekali dalam seumur hidup; (perkataan Tiffany pada ‘W’ edisi bulan Agustus), kamu tidak bisa merasakan sedikitpun keraguan dari perkataan mereka. Itu mendadak terasa mengejutkan bahwa wanita muda yang melakukan pekerjaan yang mereka sukai selama 10 tahun merasa asing dalam menikmati kekayaan dan kejayaan yang didapat dari kesuksesan mereka.

Karena itulah, hal ini merupakan ‘Into The New World’ (Menuju ke dunia baru) lagi. Bukan sebuah kebetulan jika lagu ini kembali mendapat sorotan karena lagu itu tidak hanya mewakili SNSD namun juga mewakili era dan solidaritas setelah 9 tahun dirilis. Kamu merasa takut dan sulit saat sendirian namun merasa lebih kuat dengan berpengangan tangan dengan orang yang ada disampingmu. DI dalam fenomena misterius ini, ada perkembangan yang sesungguhnya dan cerita solidaritas dari girl group Korea pertama yang merayakan ulang tahun yang ke 10. Lirik yang paling terkenal dari ‘Into The New World’ adalah ‘aku merasa kuat hanya dengan memikirkanmu’, tapi kesukaanku adalah lirik yang lain. ‘Jangan mengharapkan keajaiban yang spesial.’ Gadis-gadis yang selalu menunggu dan mengkuatirkan tentang sesuatu sudah hilang. Untuk pertanyaan seperti, ‘Apakah kalian masih SNSD meskipun kali sudah berumur 30an?’ Mereka menjawab dengan penekanan yang terlihat keren dengan berkata ‘Sekarang SNSD, Di masa depan SNSD, dan Selamanya SNSD.’ Seperti solidaritas yang dibawa oleh ‘Into The New World’ untuk Universitas Ewha Womans, ini adalah kecerian dari kehidupan yang kita terima sebagai hadiah dari SNSD, idol profesional berumur 10 tahun.


Catatan penerjemah: Ini adalah terjemahan dari artikel di majalah IZE.
Artikel asli bisa ditemukan di sini: IZE Magazine 
Eng.trans : itnw0628
Indo.trans : PurpleGG
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment