2017.10.31 SONE NOTE LIVE vol. 12 Bersama YoonA




Staff: SNSD, Girls' Generation telah menuliskan berbagai tipografi untuk setiap konser dan perilisan. Kamu mencoba sebuah gaya artistik dari kaligrafi, bagaimana rasanya?
YoonA: itu pertama kalinya aku mencoba kaligrafi, tapi aku pikir itu sangat lucu dari biasanya. Bagaimanapun, sebenarnya mencobanya itu sulit (tertawa)

Staff: Kamu hanya melihat pada apa yang guru tulis dan mencoba menulis terlebih dulu, tapi setelah itu kamu jadi cukup bagus dalam hal itu.
YoonA: sangat menyenangkan untuk melihat sesuatu yang menarik dari menulis dengan sebuah pena kaligrafi! Tapi seperti yang kukira kamu perlu banyak berlatih untuk menulisnya dengan baik...

Staff: kamu berkonsentrasi dengan sangat baik, apakah kamu tipe yang biasanya berkonsentrasi?
YoonA: Ya, aku percaya aku berkonsentrasi pada satu hal jika aku telah masuk kedalamnya!

Staff: itu terasa seperti kaligrafi adalaha sebuah tipe dari menggambar; apakah kamu biasanya menggambar sebuah objek?
YoonA: aku sangat buruk dalam menggambar. Aku sangat buruk dalam hal itu aku tidak benar-benar menyukai menggambar (tertawa). Hari ini aku tidak berpikir itu sebagai sebuah gambar, Aku hanya memegang gambar tulisan karakter.

Staff: itu terlihat seperti kamu dalam masalah kecil ketika guru mengatakan untuk latihan kursif.
YoonA: aku sebenarnya tidak pernah benar-benar menulisnya sebelumnya...Aku pikir bahwa itu akan sulit untuk menulis nya dengan pena normal (dan bukan pena kaligrafi).

Staff: mana yang kamu suka dalam menggunakannya, bulpoin atau pena kaligrafi?
YoonA: menggunakan sebuah pena yang kamu celupkan dalam tinta dahulu sungguh memiliki perasaan yang menarik seperti kaligrafi, tapi menulis dengan itu lebih sulit.

Staff: Tolong bagikan jika ada sesuatu yang sulit atau apapun yang kamu habiskan untuk waktu yang lama.
YoonA: perbedaan muncul tergantung pada banyaknya tinta. Karena itu, bahkan ketika aku pikir aku telah menulis sesuatu dengan baik, di tengah-tengah secara tiba-tiba banyak tinta yang akan keluar dan menjadi berantakan...(tertawa). Aku pikir bahwa saat banyak menggunakannya, aku perlu untuk memahami bagaimana menyesuaikan banyak tinta... itu disayangkan pelajarannya diakhiri sebelum aku bisa mengerti. Aku merasa seperti bila ada sesuatu yang kecil hilang dari design kartu yang aku buat (tertawa) aku ingin mencobanya sedikit lagi!




Staff: kamu mendesain dengan selotip dan pena kakigrafi, dll., tapi dibandingkan denga menulis karakter, mana lebih menarik?
YoonA: itu lebih menarik untuk menulis karakter. Desain membutuhkan bakat artistik, kan? (Tertawa) Sebenarnya, titik utama kaligrafi adalah karakternya. Tentu saja itu sulit, tapi dalam memilih desain latihan atau karakter, aku ingin lebih berlatih karakter. Aku tidak berpikir ini sesuatu yang kamu bisa dapatkan setelah satu atau dua kali (tertawa).

Staff: kami menyiapkan banyak pena dan alat untuk pelajaran kaligrafi kali ini, tapi apakah kamu biasanya suka menulis pembekalan/peralatan sekolah?
YoonA: Ya! Saat aku masih seorang siswa aku membawa kemanapun tempat pena dari ketebalannya dan warnanya. Bagaimanapun, baru-baru ini aku menggunakan bulpoin dan spidol dengan ujung yang tebal untuk tanda tangan. Ketika membaca skrip aku sering menggunakan bulpoin merah atau stabilo.

Staff: selain bulpoin, apa peralatan sekolah yang kamu suka gunakan?
YoonA: aku biasanya membeli banyak kartu dan menyetoknya. Seperti surat pesan. Aku menyukai surat tulisan tangan, jadi aku selalu meninggalkan beberapa di rumah dan menuliskan pesan untuk hari-hari spesial seperti hari ulang tahun dan memberikannya kepada orang-orang sekitar ku.

Staff: apa alat tulis yang biasanya kamu bawa?
YoonA: baru-baru ini aku selalu membawa kemanapun pena yang memiliki banyak warna dalam satu tempat (tertawa). Aku menggunakannya untuk memeriksa skrip. Setelah kelulusan sekolah, aku hanya membawa hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan (tertawa).

Staff: apakah kamu memiliki alat tulis favorit yang kamu coba hari ini?
YoonA: aku sangat suka pena yang menggunakan tinta, tapi aku pikir itu alat yang sulit untuk digunakan olehku sendiri jika aku tidak bisa mempelajarinya dengan benar. Aku memiliki sebuah perasaan bahwa kaligrafi adalah yang terbaik jika kamu ahli menuliskannya untuk mu. (Tertawa). Disamping itu, sangat menyenangkan untuk mencoba pena cat air yang unik.

Staff: jika para anggota memiliki pelajaran kaligrafi yang sama, siapa yang kamu pikir akan memiliki pekerjaan yang terbaik? Tolong berikan alasannya juga.
YoonA: aku pikir Taeyeon unnie. Dia juga bagus dalam menggambar dan memiliki bakat untuk desain jenis ini!

Staff: pesan tulisan tangan, seperti itu juga termasuk ekspresi dan desain, bisakah kamu menyampaikan pemikiranmu dengan sebuah ekspresi berbeda daripada dengan kata yang diucapkan. Dalam jenis yang seperti apa, kamu ingin menyampaikan pesan menggunakan desain dan kaligrafi dari hari ini?
YoonA: aku suka menulis surat, jadi memberi sebuah pesan tertulis dalam kaligrafi untuk hari jadi seseorang itu bagus, dan aku pikir itu akan menarik untuk mencoba menulis kaligrafi ditujukan untuk judul album SNSD. Tapi itu jika aku hanya memiliki bakat sedikit lagi...(tertawa) nampaknya itu menyenangkan untuk memiliki sebuah acara dimana aku akan memberikan album dengan kaligrafiku didalamnya untuk para penggemar. Bagaimanapun kemampuanku belum cukup....




Staff: aku dengar bahwa di hari terakhir syuting drama kamu akan memberikan surat tulisan tangan kepada para staff
YoonA: itu adalah sebuah episode dari drama pertamaku dimana aku adalah tokoh utamanya. Aku memiliki daftar tujuan yang aku ingin mencoba dulu peran utama dalam sebuah drama, dan surat tulisan tangan kepada semua staff yang termasuk salah satu tujuan. Jadi aku sebenarnya menulis dan mengirim surat. Tapi, ada banyak anggota staff, dan sembari syuting aku menulis surat, jadi itu sangat sulit tanpa waktu senggang. Namun, setelah itu selama syuting drama jika bertepatan dengan hari jadi seseorang aku akan menulis sebuah surat. Selama sebuah drama terakhir kali menyelesaikan syuting, itu adalah hari Valentine jadi aku memberi staff cokelat. V-day hanya terjadi sehari saat aku syuting sebuah adegan...aku hanya memberi cokelat (tertawa). Aku suka menyiapkan sesuatu untuk orang orang entah itu suray atau cokelat.

Staff: Sekarang, jika kamu ingin memberikan surat tulisan tangan kepada seseorang, akan kamu kirimkan pada siapa? Keluarga, anggota, surat seperti apa yang ingin kamu kirimkan?
YoonA: Seperti di kelas kaligrafi, aku hanya berlatih (menulis) “SONE JAPAN”, jadi aku hanya bisa memikirkan SONE JAPAN (tertawa). Juga, aku ingin menulis surat dengan kaligrafi untuk diriku sendiri dan menjadikannya sebagai hiasan di rumahku. Menulis sesuatu dengan arti yang bagus seperti kalimat atau perkataan yang imut. Aku tidak memiliki kemampuan untuk men-design, jadi mungkin hanya karakter (huruf) saja lebih baik (tertawa). Hal sederhana adalah yang terbaik.

Staff: Jika ada sesuatu yang kamu sukai atau sesuatu yang kamu koleksi akhir-akhir ini, tolong bagikan.
YoonA: Akhir-akhir ini aku sering berendam saat mandi. Sebelumnya aku hanya kadang-kadang saja melakukannya, tapi akhir-akhir ini aku cukup sering melakukannya. Saat aku pergi ke Jepang sebelumnya, aku membeli banyak bubuk mandi dengan berbagai macam warna. Aku menyiapkan stok nya di rumahku (tertawa). Mandi berendam bagus untuk kulit, apalagi aku punya perut yang lemah, kondisiku meningkat setelah aku menghangatkan perutku. Juga, khususnya saat syuting selama musim dingin, aku bisa menghangatkan tubuhku yang mengeras karena hawa dingin. Aku melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

Staff: Tahun ini di bulan April, kamu melakukan fan meeting drama, jadi bagaimana rasanya untuk mempunyai acara di Jepang setelah sekian lama? Tolong bagikan jika ada kejadian yang meninggalkan kesan untukmu.
YoonA: Sudah cukup lama sejak aku punya acara di Jepang, jadi aku terkejut ada banyak orang yang datang. Ada dua fanmeeting dan aku sangat terharu karena semua kursi penuh terisi. Mereka juga mengirimkan bunga-bunga yang cantik.. aku sungguh sangat senang hingga aku ingin mengambil foto dari semua itu dan meng-upload nya di SNS. Juga, aku suka Jepang karena memiliki banyak makanan yang enak dan waktu belanja sangat menyenangkan! Saat aku pergi (ke Jepang) sebelumnya, jadwal kerja berakhir sangat larut jadi aku sering pergi untuk makan ramen (tertawa). Ah, aku juga makan BBQ. Itu sangat enak~.

Staff: Tahun ini adalah ulang tahun SNSD yang ke 10, melihat kebelakang, adakah sesuatu yang meninggalkan kesan yang kuat?
YoonA: Aku sering mengingat pengalaman-pengalaman (yang kudapatkan) di Jepang. Arena tour secara khusus mempunyai banyak kenangan. Konser Tokyo Dome juga sangat berkesan bagiku.

Staff: Tolong bagikan jika ada sesuatu yang kamu rasa SNSD sudah bertumbuh atau berubah baik sebagai grup maupun individu untuk ulang tahun ke 10 ini.
YoonA: Aku rasa bahwa kami sudah menjadi dewasa baik sebagi grup maupun individu. Aku merasa bahwa kami memiliki kesabaran dalam segala hal.

Staff: Yang terakhir, pesan untuk SONE JAPAN!
YoonA: Sangat disayangkan bahwa kita hanya dapat bertemu dalam waktu yang singkat pada event di Jepang. Aku pikir akan bagus jika ada kesempatan untuk kembali ke Jepang dan melihat kalian bertambah (banyak), dan aku sangat senang karena kalian tidak melupakan kami dan selalu memberi kami dukungan. Tahun ini adalah ulang tahun SNSD yang ke 10, tapi itu tidak hanya kami, aku ingin mengucapkan kata ‘selamat’ kepada semua fans.

Semuanya, terima kasih.



Eng.trans : RedSunsetXIII
Indo.trans : Alfiflyer99 and PurpleGG (Team Translator)
Editor : Butterfly Kiss
SONE Indonesia 


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment